PT ASURANSI JASA
RAHARJA
Alamat:
Jl. HR Rasuna Said No.1, Padang
Telepon: (0751) 34364
Fax: (0751) 32453
Jl. HR Rasuna Said No.1, Padang
Telepon: (0751) 34364
Fax: (0751) 32453
1.
PENDAHULUAN
Pada
saat ini, suatu perusahaan baik itu berskala besar maupun berskala kecil
memerlukan dan memiliki suatu strategi untuk dapat bersaing dengan
kompetitornya. Suatu perusahaan yang baik tentunya harus mempunyai manajemen
yang baik pula. Pembahasan tentang manajemen tentu saja tidak lepas dari
berbagai factor sumber daya manusia yang baik dan tentunya dapat menghasilkan
suatu kinerja yang berkesinambungan dan dapat saling mendukung untuk menunjang
kelangsungan hidup usaha perusahaan.
Diantara
bagian-bagian perusahaan tersebut, salah satu yang paling penting bagi
perusahaan adalah bagian pemasaran. Di dalam LAPORAN ini, SAYA menggunakan salah satu perusahaan yang bergerak
dibidang jasa keuangan, yaitu PT.
Asuransi Jasa Raharja yang memberikan pelayanan keuangan kepada masyarakat
umum yang berupa perlindungan kepada jiwa untuk keluarga sebagai inti dari
semua produk.
PT
JASA RAHARJA (Persero) disingkat Jasa Raharja
adalah sebuah BUMN
yang bergerak di bidang asuransi sosial.
PT.
Asuransi Jasa Raharja (Persero) adalah merupakan suatu perusahaan asuransi
dimana salah satu produk asuransi pada Asuransi Jasa Raharja yang ditawarkan
kepada masyarakat adalah produk asuransi kerugian Jasa Raharja, sejalan dengan
diterbitkan UU No.2 tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian.
Asuransi
Jasa Raharja memiliki tingkat profesionalisme yang tinggi, kekuatan financial,
serta pengalaman yang bertahun-tahun dalam membantu dan memberikan pelayanan
yang berkualitas tinggi dalam produk-produk yang dihasilkan sebagai perusahaan
asuransi yang terbesar dan cabang-cabangnya tersebar di kota-kota besar di Indonesia
PT. Asuransi Jasa Raharja tentu sangat menaruh pehatian besar terhadap peranan
tebaga pemasarannya, dalam hal ini adalah agen asuransi dalam penjualan kepada
para konsumen nasabah.
2.
PEMBAHASAN
Asuransi
itu sendiri dapat didefinisikan sebagai alat sosial
untuk mengurangi resiko dengan menggabungkan unit-unit exposures yang cukup
jumlahnya untuk membuat kerugian-kerugian individual mereka secara bersamaan
dapat diramalkan.
Beberapa
unsur yang terlibat dalam asuransi, yaitu:
1.
Pihak-pihak;
2.
Status pihak-pihak;
3.
Objek asuransi;
4.
Peristiwa asuransi;
5.
Hubungan asuransi.
“ADAPUN VISI dan MISI
PT ASURANSI JASA RAHARJA”
VISI :
Menjadi
perusahaan terkemuka di bidang Asuransi dengan mengutamakan penyelenggaraan
program Asuransi Sosial dan Asuransi Wajib sejalan dengan kebutuhan masyarakat.
MISI :
Catur Bakti Ekakarsa Jasa Raharja
1. Bakti kepada Masyarakat, dengan
mengutamakan perlindungan dasar dan pelayanan prima sejalan dengan kebutuhan
masyarakat.
2. Bakti kepada Negara, dengan mewujudkan
kinerja terbaik sebagai penyelenggara Program Asuransi Sosial dan Asuransi
Wajib, serta Badan Usaha Milik Negara.
3. Bakti kepada Perusahaan, dengan
mewujudkan keseimbangan kepentingan agar produktivitas dapat tercapai secara
optimal demi kesinambungan Perusahaan.
4. Bakti kepada Lingkungan, dengan
memberdayakan potensi sumber daya bagi keseimbangan dan kelestarian lingkungan.
STRATEGI PEMASARAN PT ASURANSI JASA RAHARJA
Kebijaksanaan pemasaran PT. Asuransi Jasa Raharja
dilakukan dengan pertimbangan dan memperhatikan kemauan calon nasabah yang
berbeda-beda sesuai dengan pendapatannya, dan persaingan yang semakin tajam
dalam bidang industri jasa asuransi. Strategi yang digunakan
adalah dengan mengkombinasikan variabel harga, promosi dan distribusi.
Untuk itu
perusahaan akan melakukan berbagai strategi, diantaranya penetrasi pasar
melalui saluran distribusi inovatif, mengembangkan bisnis syariah, pengembangan
produk baru sesuai dengan tuntutan pasar, melaksanakan strategi investasi
yang prudent, secure dan yield yang optimal serta meningkatkan
investasi dari aset properti.
Hal ini perlu
dilakukan di tengah kondisi perusahaan yang semakin berat khususnya
secara eksternal dikarenakan persaingan di industri asuransi semakin tajam,
baik dari pemain lokal maupun patungan serta untuk meningkatkan
pendapatan perusahaan khususnya di sektor investasi.
Untuk
meningkatkan Customer Satisfaction bagi nasabah maupun pemegang polis,
Asuransi Jasa Raharja telah memiliki tambahan layanan dengan fasilitas
Call Centre 24 Hours Jasa Raharja. Fasilitas ini membuktikan bahwa pelayanan
Asuransi Jasa Raharja menjadi semakin modern dan praktis, karena nasabah bisa
mendapatkan informasi mengenai segala sesuatu terkait dengan kepesertaan mereka
sebagai nasabah dengan cepat dan praktis, tanpa harus datang langsung ke kantor
pelayanan Jasa Raharja terdekat.
Adapun layanan
modern Jasa Raharja lainnya adalah program auto debet yang memudahkan
nasabah Jasa Raharja melakukan transaksi melalui layanan perbankan Bank Mandiri
maupun SMS Insurance untuk memudahkan dan mempercepat komunikasi dan
penyampaian informasi kepada nasabah. Saat ini Jasa Raharja juga sudah
menjalin kerjasama dengan Citibank dalam
bentuk premium collection melalui kartu kredit maupun virtual account.
PENDAPAT MASYARAKAT TENTANG PELAYANAN
PT ASURANSI JASA RAHARJA
v PT Asuransi Jasa raharja telah
memberikan hal yang sangat positif bagi kelangsungan hidup membernya biaya
untuk keperluan pengobatan maupun biaya pemakaman.
v Dengan
tingkat kesadaran masyarakat yang baik untuk memenuhi kewajiban akan pembayaran
iuran dan sumbangan wajib maka, masyarakat akan tertib berlalu lintas, tertib
hukum.
v Memberikan
kenyamanan dan perlindungan bagi membernya.
v Asuransi
Jasa Raharja dalam melakukan kegiatan pribadinya maupun untuk kepentingan
kelompok dan lingkungannya.
v Melayani
masyarakat serta mendukung perekonomiaan nasional masyarakat.
3.
KESIMPULAN
PT
Jasa Raharja (Persero)
adalah Badan Usaha Milik Negara(BUMN) yang bergerak di bidang perasuransian. PT
Jasa Raharja(Persero) berdiri tanggal 1 Januari 1965 dengan Peraturan
Pemerintah No. 8 tahun 1965. PT Jasa Raharja Persero dalam pelaksanaannya
berdasarkan pada Undang-undang No. 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan
Wajib Kecelakaan Penumpang serta Undang-undang No. 34 Tahun 1964 tentang Dana
Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.
Untuk itu Jasa Raharja akan
melakukan berbagai strategi, diantaranya penetrasi pasar melalui saluran
distribusi inovatif, mengembangkan bisnis syariah, pengembangan produk baru
sesuai dengan tuntutan pasar, melaksanakan strategi investasi yang
prudent, secure dan yield yang optimal serta meningkatkan investasi
dari aset properti.
Sebagai wujud tanggung jawabnya PT Jasa Raharja (Persero)
sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berdasarkan Undang-undang No. 19
Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tugas dan tanggung jawabnya
adalah menghimpun dana melalui iuran dan sumbangan wajib.
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar