SELAMAT DATANG DAN MENIKMATI BLOG ANGGA HARPEGES TOLONG COMMENTYA ^-^

Minggu, 25 Maret 2012

Produk dan Contohnya


Nama    : Angga Harpeges
No Bp   : 0900512013

1.       Menjelaskan apa definisi produk serta beri contoh

Jawab :

Produk adalah : Segala sesuatu yang ditawarkan kepada suatu pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan  dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan konsumen.

Contohnya :

1.      Berdasarkan wujudnya, produk dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok utama, yaitu :
a)      Barang
Barang merupakan produk yang berwujud fisik, sehingga bisa dilihat, diraba atau disentuh, dirasa, dipegang, disimpan, dipindahkan, dan perlakuan fisik lainnya.
b)      Jasa
Setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apa pun. Produknya dapat dikaitkan atau tidak dikaitkan dengan suatu produk fisik.

2.      Berdasarkan aspek daya tahannya produk dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu :
a)      Barang tidak tahan lama (nondurable goods)
Barang tidak tahan lama adalah barang berwujud yang biasanya habis dikonsumsi dalam satu atau beberapa kali pemakaian.
Dengan kata lain, umur ekonomisnya dalam kondisi pemakaian normal kurang dari satu tahun. Contohnya: sabun, pasta gigi, minuman kaleng dan sebagainya.

b). Barang tahan lama (durable goods)
Barang tahan lama merupakan barang berwujud yang biasanya bisa bertahan lama dengan banyak pemakaian (umur ekonomisnya untuk pemakaian normal adalah satu tahun lebih). Contohnya : lemari es, mesin cuci, pakaian dan lain-lain.

3.       Berdasarkan tujuan konsumsi yaitu
didasarkan pada siapa konsumennya dan untuk apa produk itu dikonsumsi, maka produk diklasifikasikan menjadi dua, yaitu:

a)      Barang konsumsi (consumer’s goods)
Barang konsumsi merupakan suatu produk yang langsung dapat dikonsumsi tanpa melalui pemrosesan lebih lanjut untuk memperoleh manfaat dari produk tersebut.
b)      Barang industri (industrial’s goods)
Barang industri merupakan suatu jenis produk yang masih memerlukan pemrosesan lebih lanjut untuk mendapatkan suatu manfaat tertentu. Biasanya hasil pemrosesan dari barang industri diperjual belikan kembali.

2.     Apa produk yang dulu (10 Tahun yang lalu) yang saudara temui, tetapi sekarang tidak ada lagi.  Kenapa?

Jawab :

Produk tersebut adalah :

a)      Game Sega : Merupakan Pengembang software video game yang bermarkas di Tokyo Japan , perusahaan ini sukses pada awal tahun 90 an  di pasar mesin permainan arcade dan console permainan.


Kenapa ? : Produk ini tidak ada lagi di pasaran saat ini karena pada tahun 2000, pihak Sega mengalami kerugian yang cukup besar dampaknya terhadap aktivitas dan keuangan perusahaan, sehingga perusahaan Kolaps ( Bangkrut) sehingga tidak bisa lagi memproduksi suku cadang Game Sega.

b)  Lampu Petromaks (kalau bahasa minangnya lampu “strongkeng”) adalah : alat penerangan berbahan bakar minyak tanah yang pijaranya membutuhkan tekanan udara agar penyebaran bahan bakarnya sampai ke serat nilon atau kaos lampunya.

Kenapa? : Produk ini tidak ada lagi atau sangat jarang ditemui karena saat ini lampu petrokmas sangat kalah oleh listrik dan Bola lampu yang mana keduanya mempunyai banyak fungsi dan lebih simple dalam mempergunakanya.


3.      Apa kira –kira produk yang sekarang ada tetapi mungkin 5 atau 10 tahun lagi tidak ada

Jawab :

Menurut saya produk tersebut adalah : TV Tabung

Sebab Era televisi tabung atau teknologi CRT (Cathode Ray Tube) sepertinya akan benar-benar berakhir, karena mulai ditinggalkan oleh konsumen pemakainya. hadirnya teknologi baru TV digital tak bisa dihindari juga.
Kini kehadiran TV digital mulai menggantikan TV analog. Televisi digital yang umumnya sudah berlayar flat, seperti Plasma TV, LCD TV, dan yang paling baru LED TV membuat televisi tabung semakin kurang diminati para konsumen. Lihatlah hypermarket dan toko-toko elektronik sekarang! Hampir semuanya saya lihat sekarang ini pajangan raknya lebih banyak didominasi display TV LCD dengan berbagai ukuran dan merk, sementara TV tabung semakin sedikit pilihan model dan merk pabrikan yang masih mengeluarkannya.

Diantara ketiga pilihan layar teknologi TV digital (Plasma TV, LCD TV, dan LED TV), yang paling terakhir, yaitu LED TV katanya diklaim mempunyai teknologi paling unggul.

4.      Apa menurut anda produk yang sekarang tidak ada tetapi akan muncul 5 atau 10 tahun lagi

Jawab :

Menurut saya produk tersebut adalah :

a)      Alat Kesehatan misalnya Alat terapi Ultrasonic yang bisa di jinjing dan berukurang mini..
Yaitu semacam alat terapi yang memancarkan energy seperti tenaga dalam dimana alat ini bisa memancarkan panas yang efektif dalam melancarkan atau menyembuhkan segala macam penyakit. Dimana kita tidak lagi membutuhkan operasi. Dan bisa digunakan sewaktu beraktifitas sehari-hari.

b)      Mobil yang Memakai Bahan bakar Hidrogen
Adalah : Kendaraan yang mempergunakan gas hydrogen sebagai bahan bakarnya. yang pada dasarnya gas hidrogen ini ramah lingkungan dan tidak menimbulkan gas emisi (efek rumah kaca yang diartikan sebagai polusi)

c)      Super Slim Komputer

Merupakan sebuah Komputer yang berbentuk Slim dan sangat nyaman dalam menggunakan untuk aktivitas sehari-hari dan mempunyai teknologi yang sangat canggih dalam tampilanya dan sangat cepat dalam hal procesornya, sehingga sangat membantu dalam menjalankan bisnis bagi para pebisnis.

d)     Insang Buatan
Sebuah Perusahaan di Yokohama Jepang Berencana untuk membuat dan mengembangkan suatu alat bagi penyelam. Dimana penyelam tidak perlu lagi memakai tabung oksigen.
Alat ini akan dinamai “insang buatan” Alat ini rencananya aka nada pada tahun 2020 mendatang, alat ini akan langsung dimasukkan ke dalam tubuh manusia itu, sehingga manusia bisa menyelam selama mungkin di dalam air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar