PADANG EXPRESS
1. Pendahuluan
Dalam dua dekade terakhir, ilmu dan
teknologi telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Kemajuan bidang ilmu dan
teknologi ini hampir dapat dirasakan di semua bidang kehidupan, baik di kota besar
maupun di wilayah pedesaan. Di antara sekian banyak kemajuan ilmu dan teknologi
yang telah dicapai, yang paling dirasakan dan paling menyentuh kehidupan
masyarakat sekarang ini adalah kemajuan dalam bidang teknologi komunikasi dan
informasi.
Dengan adanya kemajuan dalam bidang
komunikasi dan informasi, setiap orang dari berbagai negara di dunia mampu
dengan cepat melakukan komunikasi ke mana saja dan kapan saja. Demikian halnya
dengan proses penyebaran informasi dapat dilakukan dengan cepat dan akurat ke
seluruh penjuru dunia.
Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan “iklan” sebagai
(1) berita pesanan (untuk mendorong, membujuk)
kepada khalayak ramai tentang benda dan jasa yang ditawarkan.
(2) pemberitahuan kepada khalayak
ramai mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa
seperti surat kabar dan majalah.
Seiring dengan kemajuan ilmu dan
teknologi serta semakin banyaknya produk barang atau jasa yang diiklankan
dengan jaringan pemasaran yang semakin global, iklanpun dituntut untuk dapat
tampil menarik dan mampu memikat target konsumen yang semakin jeli dan pintar.
Kini iklan dapat ditampilkan di dalam
berbagai media − baik cetak maupun elektronik − dengan berbagai bentuk dan
tampilan yang sangat kreatif, atraktif dan tentunya persuasif.
2. Latar Belakang
Padang
Express adalah Perusahaan Advertising yang berdiri sejak tahun 2000, yang sudah
menjadi rekanan ke semua media cetak/ radio maupun TV. dan relasi kami ± 2000
relasi yang terdiri dari PERUSAHAAN,
DEPARTEMEN, LAW FIRM, NOTARIS, dll.
3. Pembahasan
“TENTANG PERIKLANAN DI PADANG
EXPRESS”
1. Iklan Layanan Masyarakat
Pesan untuk
kepentingan masyarakat luas dan tidak berhubungan langsung dengan kepentingan
produk pengiklan atau sponsor.
Contoh: kesadaran lingkungan,
pendidikan, kesehatan dan keselamatan umum, lembaga swadaya masyarakat,
penghimpunan dana yang sejenisnya
2. Iklan Minuman & Produk Susu
Kopi, teh, creamer,
minuman coklat malt ringan, sari buah, sayur, air mineral, susu, yoghurt, mentega,
keju dan sejenisnya
3. Iklan Permen & Cemilan
Cokelat,
permen, chewing gum, ice cream, biskuit, camilan/ kudapan dan yang sejenisnya
4. Iklan Makanan & bumbu Masak
Daging,
ikan, telur, sup, mie, beras, isi roti, makanan kaleng segar, beku, makanan
bayi, minyak goreng, gula, margarine, bumbu masak penyedap dan yang sejenisnya
5. Iklan
Properti & Bahan Bangunan
Perumahan, perkantoran, apartemen, genteng, keramik, ubin, marmer, saniter dan yang sejenisnya
Perumahan, perkantoran, apartemen, genteng, keramik, ubin, marmer, saniter dan yang sejenisnya
6. Iklan Produk Elektrik, Komputer & Peralatan kantor
Peralatan Audio/
Video, kamera Video/ photo, mesin cetak, mesin Fax, mesin fotocopy, mesin
penghancur kertas, lemari besi, alat tulis dan yang sejenisnya
7. Iklan
Otomotif & Kaitannya
Kendaraan bermotor, pelumas, perlengkapan audio/ video mobil, ban, suku cadang dan yang sejenisnya
Kendaraan bermotor, pelumas, perlengkapan audio/ video mobil, ban, suku cadang dan yang sejenisnya
8. Iklan Hotel, Restaurant & Pariwisata
Termasuk biro wisata/ perjalanan, jasa transportasi dan sejenisnya
Termasuk biro wisata/ perjalanan, jasa transportasi dan sejenisnya
9. Iklan jasa Keuangan dan Investasi
Termasuk Bank, Asuransi, Kartu Kredit, Produk Investasi, Reksadana, Rumah Gadai dan yang sejenisnya
Termasuk Bank, Asuransi, Kartu Kredit, Produk Investasi, Reksadana, Rumah Gadai dan yang sejenisnya
10. Iklan Niaga
Grosir, pengecer, pasar swalayan, toserba, mall, penyewaan video/ VCD/ DVD, kantor pos, penyewaan mobil/ motor, bengkel, optik, apotik, spa, salon, panti pijat dan yang sejenisnya
11. Iklan Telekomunikasi
Jasa hubungan telekomunikasi lokal/ internasional, perusahaan telekomunikasi, penyedia sarana hubungan internet, kartu telepon, kartu SIM dan yang sejenisnya
Jasa hubungan telekomunikasi lokal/ internasional, perusahaan telekomunikasi, penyedia sarana hubungan internet, kartu telepon, kartu SIM dan yang sejenisnya
12. Iklan Rokok
Rokok kretek, rokok putih dan macam-macam rokok lainnya
Rokok kretek, rokok putih dan macam-macam rokok lainnya
“KEUNTUNGAN MENGIKLANKAN DI PADANG EXPRESS”
v biasanya relatif tidak mahal.
v fleksibel
(lebih luwes dalam menentukan jadwal publikasi iklan dan surat kabar yang mempublikasikan (apakah lokal, regional ataukah nasional) berkaitan dengan khalayak yang dijadikan sasaran iklan).
(lebih luwes dalam menentukan jadwal publikasi iklan dan surat kabar yang mempublikasikan (apakah lokal, regional ataukah nasional) berkaitan dengan khalayak yang dijadikan sasaran iklan).
v dapat dinikmati lebih lama.
v market coverage : surat kabar mampu
menjangkau daerah-daerah perkotaan sesuai cakupan wilayahnya.
v sering digunakan sebagai bahan acuan
atau referensi konsumen dalam membeli barang atau jasa.
v aktualitas informasi yang sampaikan
digunakan juga sebagai acuan pembaca.
“MENGAPA MEMASANG IKLAN DI PADANG
EXPRESS”
v Karena padang express merupakan Koran
yang di gemari warga kota padang
v Biayanya murah Rp 15.000 per kolom
5x5cm
v Produk yang kita iklankan bisa menjadi
menarik
v Ingin
menarik perhatian pembeli
v Mempertahankan
perhatian calon pembeli
Memanfaatkan
perhatian yang telah tertanam itu untuk mengarahkan perilaku pembeli
“KELEMAHAN IKLAN DI KORAN”
v Tidak
selektif, dapat ditujukan untuk golongan tertentu saja.
v Rentan
terhadap cuaca misalnya : hujan.
v Waktu
terpa yang singkat.
v Pada
waktu melihatnya, kita tidak dapat secara tepat.
DAMPAK DAN RESPON
KONSUMEN TERHADAP IKLAN PADANG EXPRESS
Ø DAMPAK
Dampak konsumen berpengaruh terhadap
peningkatkan volume penjualan, pangsa pasar, peningkatan serta dapat mendorong
kepentingan industri yang lebih luas.
Dampak yang dapat diberikan pihak
harian pagi padang express kepada konsumen hendaknya lebih memperhatikan unsur
kinerja produk yang meliputi penyajian headline keaktulitasan berita, keragaman
berita, dan keakuratan berita.
Dikarenakan kinerja produk merupakan unsur
yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian Koran padang express.
Contoh Iklan yang potensial
AGEN
KACA FILM MOBIL KANTOR RUMAH GEDUNG DAN RUKO DLL
AGEN
KACA FILM MOBIL, RUMAH, GEDUNG DAN RUKO UNTUK SEMUA MERK, PEMASANGAN BISA DOOR
TO DOOR.
HARGA PROMO MULAI RP.200.000 / BODY MOBIL
BERGARANSI
HUB : 075196113113 – 081266086761 (RENDI)
NB : UNTUK PEMASANGAN GEDUNG, RUMAH DAN RUKO AKAN KAMI BERIKAN HARGA PAKET MINI MALIS
TERIMA KERJASAMA DENGAN SHOROOM ATAU DEALER UNTUK MOBIL BEKAS/ BARU
HARGA PROMO MULAI RP.200.000 / BODY MOBIL
BERGARANSI
HUB : 075196113113 – 081266086761 (RENDI)
NB : UNTUK PEMASANGAN GEDUNG, RUMAH DAN RUKO AKAN KAMI BERIKAN HARGA PAKET MINI MALIS
TERIMA KERJASAMA DENGAN SHOROOM ATAU DEALER UNTUK MOBIL BEKAS/ BARU
Ø RESPON KONSUMEN
Tanggapan Responden Terhadap Tingkat iklan KACA FILM
No
|
Kategori Penilaian
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1
2
3
4
5
|
Sangat
Menarik
Menarik
Cukup
Menarik
Tidak
Menarik
Sangat
Tidak Menarik
|
21
53
20
4
2
|
21%
53%
20%
4%
2%
|
Jumlah
|
100
|
100%
|
Berdasarkan tabel diatas, dapat dideskripsikan mengenai
tanggapan responden terhadap tingkat kemenarikan sample, dimana 53% responden menyatakan menarik, 21% responden menyatakan sangat
menarik, 20% responden menyatakan
cukup menarik, 4% responden
menyatakan tidak menarik, dan 2%
responden menyatakan sangat tidak menarik. Berdasarkan data tersebut diatas,
dapat dikatakan bahwa sebagian besar responden menyatakan bahwa pemberian sample
menarik. Adapun responden yang menyatakan sangat tidak menarik dikarenakan
responden tersebut tidak pernah mengetahui kegiatan pemberian sample
yang dilakukan oleh pihak perusahaan.
Tanggapan
Responden Terhadap Tingkat Kesukaan Akan iklan
KACAFILM
No
|
Kategori Penilaian
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1
2
3
4
5
|
Sangat
Menyukai
Menyukai
Cukup
Menyukai
Tidak
Menyukai
Sangat
Tidak Menyukai
|
35
52
10
3
0
|
35%
52%
10%
3%
0%
|
Jumlah
|
100
|
100%
|
Berdasarkan tabel diatas, maka dapat dideskripsikan mengenai
tanggapan responden tentang kesukaan akan sample, dimana 52% responden
menyatakan menyukai, 35% responden menyatakan sangat menyukai, 10% responden
menyatakan cukup menyukai, 3% responden menyatakan tidak menyukai, dan 0% responden
sangat tidak menyukai. Berdasarkan data tersebut diatas, dapat dikatakan bahwa
mayoritas responden menyatakan bahwa menyukai program sample yang
dilakukan oleh padang express
Tanggapan
Responden Terhadap Tingkat Pengaruh akan KACA
FILM
No
|
Kategori Penilaian
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1
2
3
4
5
|
Sangat
Mempengaruhi
Mempengaruhi
Cukup
Mempengaruhi
Tidak
Mempengaruhi
Sangat
Tidak Mempengaruhi
|
10
40
30
12
8
|
10%
40%
30%
12%
8%
|
Jumlah
|
100
|
100%
|
Berdasarkan diatas, dapat dideskripsikan mengenai tanggapan
responden tentang pengaruh akan sample, dimana 40% responden menyatakan
mempengaruhi, 10% responden menyatakan sangat mempengaruhi, 30% responden
menyatakan cukup mempengaruhi, 12 responden menyatakan tidak mempengaruhi, dan
8% responden menyatakan sangat tidak mempengaruhi. Berdasarkan data tersebut
diatas, dapat dikatakan bahwa sebagian besar responden menyatakan bahwa program
sample yang dilakukan oleh perusahaan mempengaruhi untuk melakukan
pembelian. Adapun responden yang menyatakan sangat tidak mempengaruhi
dikarenakan ada faktor lain seperti harga yang sangat menentukan pembelian.
4.KESIMPULAN
Dari hasil penelitian kelompok kami terhadap
pengiklanan di harian pagi Padang ekspress, dapat disimpulkan bahwa para
pengiklan cukup berhasil mengiklankan produknya di harian pagi Padang ekspress.
ini dikarenakan Padang Ekspress bisa mengarahkan
para pengiklan kepada target marketnya yang mereka tuju.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar