SELAMAT DATANG DAN MENIKMATI BLOG ANGGA HARPEGES TOLONG COMMENTYA ^-^

Minggu, 25 Maret 2012

Pengiklanan Di Media Cetak



PADANG EXPRESS

1. Pendahuluan

Dalam dua dekade terakhir, ilmu dan teknologi telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Kemajuan bidang ilmu dan teknologi ini hampir dapat dirasakan di semua bidang kehidupan, baik di kota besar maupun di wilayah pedesaan. Di antara sekian banyak kemajuan ilmu dan teknologi yang telah dicapai, yang paling dirasakan dan paling menyentuh kehidupan masyarakat sekarang ini adalah kemajuan dalam bidang teknologi komunikasi dan informasi.

Dengan adanya kemajuan dalam bidang komunikasi dan informasi, setiap orang dari berbagai negara di dunia mampu dengan cepat melakukan komunikasi ke mana saja dan kapan saja. Demikian halnya dengan proses penyebaran informasi dapat dilakukan dengan cepat dan akurat ke seluruh penjuru dunia.

Kamus Besar Bahasa Indonesia  mendefinisikan “iklan” sebagai
(1) berita pesanan (untuk mendorong, membujuk) kepada khalayak ramai tentang benda dan jasa yang ditawarkan. 

(2) pemberitahuan kepada khalayak ramai mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa seperti surat kabar dan majalah.
  
Seiring dengan kemajuan ilmu dan teknologi serta semakin banyaknya produk barang atau jasa yang diiklankan dengan jaringan pemasaran yang semakin global, iklanpun dituntut untuk dapat tampil menarik dan mampu memikat target konsumen yang semakin jeli dan pintar. 

Kini iklan dapat ditampilkan di dalam berbagai media − baik cetak maupun elektronik − dengan berbagai bentuk dan tampilan yang sangat kreatif, atraktif dan tentunya persuasif.

2. Latar Belakang
Padang Express adalah Perusahaan Advertising yang berdiri sejak tahun 2000, yang sudah menjadi rekanan ke semua media cetak/ radio maupun TV. dan relasi kami ± 2000 relasi yang terdiri dari  PERUSAHAAN, DEPARTEMEN, LAW FIRM, NOTARIS, dll.

3. Pembahasan

TENTANG PERIKLANAN DI PADANG EXPRESS

1.  Iklan Layanan Masyarakat
Pesan untuk kepentingan masyarakat luas dan tidak berhubungan langsung dengan kepentingan produk pengiklan atau sponsor.
Contoh: kesadaran lingkungan, pendidikan, kesehatan dan keselamatan umum, lembaga swadaya masyarakat, penghimpunan dana yang sejenisnya

2. Iklan Minuman & Produk Susu
Kopi, teh, creamer, minuman coklat malt ringan, sari buah, sayur, air mineral, susu, yoghurt, mentega, keju dan sejenisnya

3.   Iklan Permen & Cemilan
Cokelat, permen, chewing gum, ice cream, biskuit, camilan/ kudapan dan yang sejenisnya

4. Iklan Makanan & bumbu Masak
 Daging, ikan, telur, sup, mie, beras, isi roti, makanan kaleng segar, beku, makanan bayi, minyak goreng, gula, margarine, bumbu masak penyedap dan yang sejenisnya

5. Iklan Properti & Bahan Bangunan
Perumahan, perkantoran, apartemen, genteng, keramik, ubin, marmer, saniter dan yang sejenisnya

6.
Iklan Produk Elektrik, Komputer & Peralatan kantor
Peralatan Audio/ Video, kamera Video/ photo, mesin cetak, mesin Fax, mesin fotocopy, mesin penghancur kertas, lemari besi, alat tulis dan yang sejenisnya

  7. Iklan Otomotif & Kaitannya
Kendaraan bermotor, pelumas, perlengkapan audio/ video mobil, ban, suku cadang dan yang sejenisnya

8. Iklan Hotel, Restaurant & Pariwisata
Termasuk biro wisata/ perjalanan, jasa transportasi dan sejenisnya

9. Iklan jasa Keuangan dan Investasi
Termasuk Bank, Asuransi, Kartu Kredit, Produk Investasi, Reksadana, Rumah Gadai dan yang
sejenisnya

10. Iklan Niaga
Grosir, pengecer, pasar swalayan, toserba, mall, penyewaan video/ VCD/ DVD, kantor pos, penyewaan mobil/ motor, bengkel, optik, apotik, spa, salon, panti pijat dan yang sejenisnya

11. Iklan Telekomunikasi
Jasa hubungan telekomunikasi lokal/ internasional, perusahaan telekomunikasi, penyedia sarana hubungan internet, kartu telepon, kartu SIM dan yang sejenisnya

12. Iklan Rokok
Rokok kretek, rokok putih dan macam-macam rokok lainnya

KEUNTUNGAN MENGIKLANKAN DI PADANG EXPRESS
v biasanya relatif tidak mahal.
v fleksibel
(lebih luwes dalam menentukan jadwal publikasi iklan dan surat kabar yang mempublikasikan (apakah lokal, regional ataukah nasional) berkaitan dengan khalayak yang dijadikan sasaran iklan).
v dapat dinikmati lebih lama.
v market coverage : surat kabar mampu menjangkau daerah-daerah perkotaan sesuai cakupan wilayahnya.
v sering digunakan sebagai bahan acuan atau referensi konsumen dalam membeli barang atau jasa.
v aktualitas informasi yang sampaikan digunakan juga sebagai acuan pembaca.
 
“MENGAPA MEMASANG IKLAN DI PADANG EXPRESS”
v Karena padang express merupakan Koran yang di gemari warga kota padang
v Biayanya murah Rp 15.000 per kolom 5x5cm
v Produk yang kita iklankan bisa menjadi menarik
v Ingin menarik perhatian pembeli
v Mempertahankan perhatian calon pembeli
Memanfaatkan perhatian yang telah tertanam itu untuk mengarahkan perilaku pembeli

“KELEMAHAN IKLAN DI KORAN”

v Tidak selektif, dapat ditujukan untuk golongan tertentu saja.
v Rentan terhadap cuaca misalnya : hujan.
v Waktu terpa yang singkat.
v Pada waktu melihatnya, kita tidak dapat secara tepat.
 
DAMPAK DAN RESPON KONSUMEN TERHADAP IKLAN PADANG EXPRESS

Ø DAMPAK
     
      Dampak konsumen berpengaruh terhadap peningkatkan volume penjualan, pangsa pasar, peningkatan serta dapat mendorong kepentingan industri yang lebih luas.

Dampak yang dapat diberikan pihak harian pagi padang express kepada konsumen hendaknya lebih memperhatikan unsur kinerja produk yang meliputi penyajian headline keaktulitasan berita, keragaman berita, dan keakuratan berita.

 Dikarenakan kinerja produk merupakan unsur yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian Koran padang express.

Contoh Iklan yang potensial
Top of Form

AGEN KACA FILM MOBIL KANTOR RUMAH GEDUNG DAN RUKO DLL
AGEN KACA FILM MOBIL, RUMAH, GEDUNG DAN RUKO UNTUK SEMUA MERK, PEMASANGAN BISA DOOR TO DOOR.

HARGA PROMO MULAI RP.200.000 / BODY MOBIL

BERGARANSI

HUB : 075196113113 – 081266086761 (RENDI)

NB : UNTUK PEMASANGAN GEDUNG, RUMAH DAN RUKO AKAN KAMI BERIKAN HARGA PAKET MINI MALIS

TERIMA KERJASAMA DENGAN SHOROOM ATAU DEALER UNTUK MOBIL BEKAS/ BARU


Ø RESPON KONSUMEN
Tanggapan Responden Terhadap Tingkat iklan KACA FILM
No
Kategori Penilaian
Frekuensi
Persentase
1
2
3
4
5
Sangat Menarik
Menarik
Cukup Menarik
Tidak Menarik
Sangat Tidak Menarik
21
53
20
4
2
21%
53%
20%
4%
2%
Jumlah
100
100%

                Berdasarkan tabel diatas, dapat dideskripsikan mengenai tanggapan responden terhadap tingkat kemenarikan sample, dimana 53% responden menyatakan menarik, 21% responden menyatakan sangat menarik, 20% responden menyatakan cukup menarik, 4% responden menyatakan tidak menarik, dan 2% responden menyatakan sangat tidak menarik. Berdasarkan data tersebut diatas, dapat dikatakan bahwa sebagian besar responden menyatakan bahwa pemberian sample menarik. Adapun responden yang menyatakan sangat tidak menarik dikarenakan responden tersebut tidak pernah mengetahui kegiatan pemberian sample yang dilakukan oleh pihak perusahaan.



Tanggapan Responden Terhadap Tingkat Kesukaan Akan iklan KACAFILM

No
Kategori Penilaian
Frekuensi
Persentase
1
2
3
4
5
Sangat Menyukai
Menyukai
Cukup Menyukai
Tidak Menyukai
Sangat Tidak Menyukai
35
52
10
3
0
35%
52%
10%
3%
0%
Jumlah
100
100%

                Berdasarkan tabel diatas, maka dapat dideskripsikan mengenai tanggapan responden tentang kesukaan akan sample, dimana 52% responden menyatakan menyukai, 35% responden menyatakan sangat menyukai, 10% responden menyatakan cukup menyukai, 3% responden menyatakan tidak menyukai, dan 0% responden sangat tidak menyukai. Berdasarkan data tersebut diatas, dapat dikatakan bahwa mayoritas responden menyatakan bahwa menyukai program sample yang dilakukan oleh padang express


Tanggapan Responden Terhadap Tingkat Pengaruh akan KACA FILM

No
Kategori Penilaian
Frekuensi
Persentase
1
2
3
4
5
Sangat Mempengaruhi
Mempengaruhi
Cukup Mempengaruhi
Tidak Mempengaruhi
Sangat Tidak Mempengaruhi
10
40
30
12
8
10%
40%
30%
12%
8%
Jumlah
100
100%

                Berdasarkan diatas, dapat dideskripsikan mengenai tanggapan responden tentang pengaruh akan sample, dimana 40% responden menyatakan mempengaruhi, 10% responden menyatakan sangat mempengaruhi, 30% responden menyatakan cukup mempengaruhi, 12 responden menyatakan tidak mempengaruhi, dan 8% responden menyatakan sangat tidak mempengaruhi. Berdasarkan data tersebut diatas, dapat dikatakan bahwa sebagian besar responden menyatakan bahwa program sample yang dilakukan oleh perusahaan mempengaruhi untuk melakukan pembelian. Adapun responden yang menyatakan sangat tidak mempengaruhi dikarenakan ada faktor lain seperti harga yang sangat menentukan pembelian.


4.KESIMPULAN
Dari hasil penelitian kelompok kami terhadap pengiklanan di harian pagi Padang ekspress, dapat disimpulkan bahwa para pengiklan cukup berhasil mengiklankan produknya di harian pagi Padang ekspress.
Bottom of Formini dikarenakan Padang Ekspress bisa mengarahkan para pengiklan kepada target marketnya yang mereka tuju.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar