Pendahuluan
Suatu perusahaan didirikan dengan tujuan
menghasilkan laba yang maksimum dengan adanya keuntungan tersebut, perusahaan
akan memiliki kemampuan untuk berkembang dan mempertahankan kelangsungan
hidupnya dalam jangka panjang
Persaingan
dalam bisnis telekomunikasi, termasuk jasa seluler, kini makin ketat. Apalagi
mengingat beroperasinya banyak operator baru yang memberikan berbagai penawaran
menarik.
Saat
ini, di Indonesia terdapat beberapa perusahaan penyedia jasa layanan
telekomunikasi seluler, baik yang berbasis GSM
(Global System for Mobile Communication)
maupun CDMA (Code
Division Multiple Acces).
PT.
TELEKOMUNIKASI atau disingkat PT. TELKOM. merupakan BUMN yang mempunyai peran strategis
dalam sistem informasi dan komunikasi di Indonesia.
Tercapainya visi dan misi perusahaan berkenaan
dengan reposisi bisnis PT. TELKOM dimana akhirnya tergantung pada bagaimana perusahaan
mampu membangun “organizational
capability” untuk menjalankan strategi yang ditetapkan.
PT. Telkom Indonesia, Tbk. yang bergerak di
bidang penyediaan jasa telekomunikasi dan sebagai perusahaan besar yang
bergerak di bidang yang penuh persaingan, selalu berusaha berbenah diri agar
selalu mendapat tempat di hati pelanggannya. Salah satu strategi dalam menarik
para konsumennya, PT. Telkom Indonesia, Tbk. menyediakan layanan baru dengan
teknologi terkini yaitu CDMA (Code
Division Multiple Access). CDMA adalah teknologi akses voice dan data, dimana setiap pengguna menggunakan kode tersendiri
yang unik dalam mengakses kanal frekuensi yang sama dalam sebuah sistem.
Tujuan laporan
Dengan memperhatikan identifikasi masalah, maka yang menjadi tujuan laporan ini adalah sebagai berikut :
v Untuk mengetahui pelaksanaan promosi
penjualan produk Flexi yang dilakukan oleh perusahaan.
v Untuk mengetahui tanggapan responden terhadap
promosi penjualan produk Flexi yang dilaksanakan oleh perusahaan.
v Untuk mengetahui keputusan pembelian konsumen
terhadap TELKOM Flexi.
v Untuk mengetahui hubungan antara promosi
penjualan dengan keputusan pembelian konsumen TELKOM Flexi.
Pembahasaan
PT.Telkom,Tbk
memiliki beberapa keunggulan di antaranya sumber daya manusia yang berkualitas,
infrastruktur yang baik, serta permodalan yang kuat. Untuk memasarkan
produk-produknya ke pasar, selama ini PT.Telkomsel,Tbk menggunakan strategi
positioning multi merek (multiple brands).
PT. TELKOM Indonesia Tbk sebagai perusahaan
telekomunikasi terkemuka di Indonesia yang menyediakan layanan baru dengan
teknologi terkini yaitu CDMA (Code Division Multiple Access).
CDMA adalah
teknologi akses Voice dan
data,
dimana setiap user menggunakan code tersendiri yang unik dalam mengakses kanal
frekuensi yang sama dalam sebuah sistem. Pada CDMA, sinyal informasi pada
transmitter decoding dan disebar dengan band with sebesar 1.25 MHz (Speed Spectrum),
Teknologi
ini memungkinkan pengguna mengakses internet dari berbagai tempat yang masuk
dalam coverage flexi dengan memanfaatkan fitur fixed wireless berbasis
CDMA (Code Division Multiple Access) melalui akses PDN yang merupakan
akses komunikasi ke internet gateway dengan mode data paket pada network
Flexi.
PT. TELKOM Indonesia Tbk melalui divisi Fixed
Wireless akan memanfaatkan CDMA sebagai telepon fixed wireless digital yang
digunakan sebagai telepon rumah (Fixed Phone) dan telepon bergerak (Mobility).
Layanan fixed wireless berbasis CDMA diberi brand “TELKOM Flexi” sebagai
telepon bergerak terbatas dalam suatu area code, hal ini dimungkinkan karena “TELKOM Flexi” memiliki fitur
limited Mobility.
Flexi
merupakan fasilitas CDMA yang saat ini beredar dan laris di pasaran. Flexi ini
melalui sebuah internet gateway yaitu PDSN atau PDN (paket data network)
dengan menggunakan teknologi CDMA 2000-1x yang diklaim lebih unggul paket akses
datanya. Sistem Koneksi data internet melalui paket data network (PDN) dengan
menggunakan teknologi CDMA 2000-1x yang telah digunakan oleh PT. TELKOM ini
terbatas pada setiap wilayah yang tersedia dalam coverage Flexi dan
dapat diakses dimana saja dengan fixed wireless.
Para pakar telepon selular sepakat bahwa kecanggihan
CDMA jauh melebihi GSM yang sekarang ini banyak digunakan oleh operator telepon
selular di Indonesia.
Dengan semakin banyaknya produk CDMA di
Indonesia maka persaingan semakin ketat, sehingga diperlukan suatu strategi
pemasaran yang tepat dalam meraih pangsa pasar yang besar untuk meningkatkan
volume penjualan. Salah satu usaha yang harus dilakukan adalah dengan
melaksanakan promosi penjualan.
Promosi penjualan merupakan alat promosi yang paling sering
digunakan untuk memperkenalkan suatu produk kemasyarakat/konsumen, untuk
memenangkan persaingan.
TELKOM Flexi melakukan strategi pemasaran dengan promosi
penjualan yang juga bertujuan untuk mempertahankan produknya dipasaran agar
tidak tenggelam.
Untuk mengatasi persaingan TELKOM Flexi harus
melakukan Promosi penjualan, karena para konsumen biasanya menunggu-nunggu saat
dilancarkannya promosi penjualan oleh produsen atau usaha pertokoan.
Jika
kegiatan promosi penjualan ada maka konsumen banyak sebaliknya jika promosi
penjualan berhenti konsumen menghilang. Dengan dilakukannya promosi penjualan
diharapkan akan menimbulkan keinginan untuk membeli produk dari TELKOM Flexi.
Bentuk dari promosi penjualan yang
dilakukan “TELKOM Flexi” yaitu :
Ø Dengan pemberian bonus (bonus pulsa),
Ø Hadiah (pemberian souvenir),
Ø Kemasan harga
dan jaminan produk.
Pertimbangan yang mendukung untuk
melaksanakan promosi penjualan, adalah dengan melihat keunggulan promosi
penjualan dibandingkan dengan promotion mix lainnya.
Keunggulan promosi penjualan, dimana penjual
menggunakan promosi tipe insentif untuk menarik pencoba baru, untuk menghargai
pelanggan setia dan untuk menaikan target pembelian ulang dari pemakai
sesekali.
Dapat
dikatakan bahwa promosi merupakan ujung tombak dari strategi pemasaran dalam
mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk. Melalui promosi perusahaan
dapat berkomunikasi dengan konsumen dan diharapkan dari proses komunikasi
tersebut dapat membujuk untuk memilih yang akhirnya mengubah sikap untuk
membeli produk yang dihasilkan perusahaan.
Kesimpulan
Berdasarkan laporan diatas maka di
dapat kesimpulan bahwa “terdapat hubungan antara promosi penjualan
dengan keputusan pembelian konsumen TELKOM Flexi”
Berdasarkan
keseluruhan pembahasan mengenai strategi produk dan
strategi
harga untuk mempertahankan pangsa pasar pada PT.Telkoml,Tbk dapat diambil
kesimpulan sebagai berikut :
1.
PT.Telkom,Tbk merupakan suatu badan usaha yang bergerak di bidang
pelayanan
jasa seluler. Aktivitas yang dilakukan oleh PT.Telkom,Tbk antara
lain:
a.
Memproduksi kartu seluler yang terdiri atas kartu prabayar (FLEXI)
b.
Melayani kebutuhan pelanggan akan layanan telekomunikasi seluler.
c.
Menyediakan dan mengelola kualitas dari standard pelayanan kepada
pelanggan
dengan memberikan informasi mengenai produk dan layanan,
permintaan
akan kartu baru dan penanganan keluhan pelanggan.
2.
Strategi yang dilakukan oleh PT.Telkom,Tbk dalam rangka mempertahankan
pangsa
pasar, salah satunya adalah dengan menggunakan strategi produk dan strategi
harga
3.
Strategi produk yang digunakan oleh PT.Telkom,Tbk untuk memasarkan
produk-produknya
disesuaikan dengan usia produk tersebut.
4.
PT.Telkom, Tbk
memberlakukan
tarif khusus pada jam-jam tertentu atau hari-hari besar (hari raya dan hari
libur nasional).
strategi
Penetration Pricing, yaitu menetapkan harga awal yang rendah dengan
tujuan untuk meraih pangsa pasar yang besar dan menghalangi masuknya para
pesaing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar