SELAMAT DATANG DAN MENIKMATI BLOG ANGGA HARPEGES TOLONG COMMENTYA ^-^

Minggu, 25 Maret 2012

Mengenai PT Telkom Indonesia Tbk Cabang Padang




Pendahuluan

Suatu perusahaan didirikan dengan tujuan menghasilkan laba yang maksimum dengan adanya keuntungan tersebut, perusahaan akan memiliki kemampuan untuk berkembang dan mempertahankan kelangsungan hidupnya dalam jangka panjang

 Persaingan dalam bisnis telekomunikasi, termasuk jasa seluler, kini makin ketat. Apalagi mengingat beroperasinya banyak operator baru yang memberikan berbagai penawaran menarik.

Saat ini, di Indonesia terdapat beberapa perusahaan penyedia jasa layanan telekomunikasi seluler, baik yang berbasis GSM (Global System for Mobile Communication) maupun CDMA (Code Division Multiple Acces).

PT. TELEKOMUNIKASI atau disingkat PT. TELKOM.  merupakan BUMN yang mempunyai peran strategis dalam sistem informasi dan komunikasi di Indonesia.

 Tercapainya visi dan misi perusahaan berkenaan dengan reposisi bisnis PT. TELKOM dimana akhirnya tergantung pada bagaimana perusahaan mampu membangun organizational capability untuk menjalankan strategi yang ditetapkan.

PT. Telkom Indonesia, Tbk. yang bergerak di bidang penyediaan jasa telekomunikasi dan sebagai perusahaan besar yang bergerak di bidang yang penuh persaingan, selalu berusaha berbenah diri agar selalu mendapat tempat di hati pelanggannya. Salah satu strategi dalam menarik para konsumennya, PT. Telkom Indonesia, Tbk. menyediakan layanan baru dengan teknologi terkini yaitu CDMA (Code Division Multiple Access). CDMA adalah teknologi akses voice dan data, dimana setiap pengguna menggunakan kode tersendiri yang unik dalam mengakses kanal frekuensi yang sama dalam sebuah sistem.

Tujuan laporan

 Dengan memperhatikan identifikasi masalah, maka yang menjadi tujuan laporan ini adalah sebagai berikut :

v Untuk mengetahui pelaksanaan promosi penjualan produk Flexi yang dilakukan oleh perusahaan.

v Untuk mengetahui tanggapan responden terhadap promosi penjualan produk Flexi yang dilaksanakan oleh perusahaan.

v Untuk mengetahui keputusan pembelian konsumen terhadap TELKOM Flexi.
v Untuk mengetahui hubungan antara promosi penjualan dengan keputusan pembelian konsumen TELKOM Flexi.

Pembahasaan

PT.Telkom,Tbk memiliki beberapa keunggulan di antaranya sumber daya manusia yang berkualitas, infrastruktur yang baik, serta permodalan yang kuat. Untuk memasarkan produk-produknya ke pasar, selama ini PT.Telkomsel,Tbk menggunakan strategi positioning multi merek (multiple brands).

PT. TELKOM Indonesia Tbk sebagai perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia yang menyediakan layanan baru dengan teknologi terkini yaitu CDMA (Code Division Multiple Access)

CDMA adalah teknologi akses Voice dan data, dimana setiap user menggunakan code tersendiri yang unik dalam mengakses kanal frekuensi yang sama dalam sebuah sistem. Pada CDMA, sinyal informasi pada transmitter decoding dan disebar dengan band with sebesar 1.25 MHz (Speed Spectrum)

Teknologi ini memungkinkan pengguna mengakses internet dari berbagai tempat yang masuk dalam coverage flexi dengan memanfaatkan fitur fixed wireless berbasis CDMA (Code Division Multiple Access) melalui akses PDN yang merupakan akses komunikasi ke internet gateway dengan mode data paket pada network Flexi.

PT. TELKOM Indonesia Tbk melalui divisi Fixed Wireless akan memanfaatkan CDMA sebagai telepon fixed wireless digital yang digunakan sebagai telepon rumah (Fixed Phone) dan telepon bergerak (Mobility). Layanan fixed wireless berbasis CDMA diberi brand “TELKOM Flexi” sebagai telepon bergerak terbatas dalam suatu area code, hal ini dimungkinkan karena TELKOM Flexi” memiliki fitur limited Mobility. 

Flexi merupakan fasilitas CDMA yang saat ini beredar dan laris di pasaran. Flexi ini melalui sebuah internet gateway yaitu PDSN atau PDN (paket data network) dengan menggunakan teknologi CDMA 2000-1x yang diklaim lebih unggul paket akses datanya. Sistem Koneksi data internet melalui paket data network (PDN) dengan menggunakan teknologi CDMA 2000-1x yang telah digunakan oleh PT. TELKOM ini terbatas pada setiap wilayah yang tersedia dalam coverage Flexi dan dapat diakses dimana saja dengan fixed wireless.

Para pakar telepon selular sepakat bahwa kecanggihan CDMA jauh melebihi GSM yang sekarang ini banyak digunakan oleh operator telepon selular di Indonesia.

Dengan semakin banyaknya produk CDMA di Indonesia maka persaingan semakin ketat, sehingga diperlukan suatu strategi pemasaran yang tepat dalam meraih pangsa pasar yang besar untuk meningkatkan volume penjualan. Salah satu usaha yang harus dilakukan adalah dengan melaksanakan promosi penjualan.

 Promosi penjualan merupakan alat promosi yang paling sering digunakan untuk memperkenalkan suatu produk kemasyarakat/konsumen, untuk memenangkan persaingan.
 TELKOM Flexi  melakukan strategi pemasaran dengan promosi penjualan yang juga bertujuan untuk mempertahankan produknya dipasaran agar tidak tenggelam.

Untuk mengatasi persaingan TELKOM Flexi harus melakukan Promosi penjualan, karena para konsumen biasanya menunggu-nunggu saat dilancarkannya promosi penjualan oleh produsen atau usaha pertokoan.

 Jika kegiatan promosi penjualan ada maka konsumen banyak sebaliknya jika promosi penjualan berhenti konsumen menghilang. Dengan dilakukannya promosi penjualan diharapkan akan menimbulkan keinginan untuk membeli produk dari TELKOM Flexi.

Bentuk  dari promosi penjualan yang dilakukan TELKOM Flexi yaitu :
Ø Dengan  pemberian bonus (bonus pulsa),
Ø Hadiah  (pemberian souvenir),
Ø Kemasan  harga dan jaminan produk. 

Pertimbangan yang mendukung untuk melaksanakan promosi penjualan, adalah dengan melihat keunggulan promosi penjualan dibandingkan dengan promotion mix lainnya. 

Keunggulan promosi penjualan, dimana penjual menggunakan promosi tipe insentif untuk menarik pencoba baru, untuk menghargai pelanggan setia dan untuk menaikan target pembelian ulang dari pemakai sesekali.

Dapat dikatakan bahwa promosi merupakan ujung tombak dari strategi pemasaran dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk. Melalui promosi perusahaan dapat berkomunikasi dengan konsumen dan diharapkan dari proses komunikasi tersebut dapat membujuk untuk memilih yang akhirnya mengubah sikap untuk membeli produk yang dihasilkan perusahaan.

                                              Kesimpulan

           Berdasarkan laporan diatas maka di dapat kesimpulan bahwa  “terdapat hubungan antara promosi penjualan dengan keputusan pembelian konsumen TELKOM Flexi”

Berdasarkan keseluruhan pembahasan mengenai strategi produk dan
strategi harga untuk mempertahankan pangsa pasar pada PT.Telkoml,Tbk dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :

1. PT.Telkom,Tbk merupakan suatu badan usaha yang bergerak di bidang
pelayanan jasa seluler. Aktivitas yang dilakukan oleh PT.Telkom,Tbk antara
lain:
a. Memproduksi kartu seluler yang terdiri atas kartu prabayar (FLEXI)
b. Melayani kebutuhan pelanggan akan layanan telekomunikasi seluler.
c. Menyediakan dan mengelola kualitas dari standard pelayanan kepada
pelanggan dengan memberikan informasi mengenai produk dan layanan,
permintaan akan kartu baru dan penanganan keluhan pelanggan.

2. Strategi yang dilakukan oleh PT.Telkom,Tbk dalam rangka mempertahankan
pangsa pasar, salah satunya adalah dengan menggunakan strategi produk dan strategi harga

3. Strategi produk yang digunakan oleh PT.Telkom,Tbk untuk memasarkan
produk-produknya disesuaikan dengan usia produk tersebut.

4. PT.Telkom, Tbk
memberlakukan tarif khusus pada jam-jam tertentu atau hari-hari besar (hari raya dan hari libur nasional).
strategi Penetration Pricing, yaitu menetapkan harga awal yang rendah dengan tujuan untuk meraih pangsa pasar yang besar dan menghalangi masuknya para pesaing.


         


Tidak ada komentar:

Posting Komentar