1.TUJUAN
PEMBELAJARAN
Ø
Dapat
memahami konsep dasar manajemen hubungan pelanggan (Costumer Relationship
Management)
Ø
Dapat
memahami CRM sebagai strategi menbangun kesetiaan pelanggan
Ø
Dapat
mengimplemtasikan program CRM dalam bisnis ritel
2.
PENDAHULUAN
Manajemen hubungan pelanggan
(Costumer Relationship Management) adalah suatu cara mengatasi
permasalahan melalui penyampaian secara langsung dan berbicara secara
terperinci kepada pelanggan mengenai penyelesaian yang terbaik.
CRM didasarkan pada filosofi
bahwa pengusaha dapat meningkatkan keuntungan mereka dengan membangun hubungan
baik dengan pelanggan mereka.
Tujuan
dari CRM adalah
membangun dasar kesetiaan pelanggan yang sering kali berguna bagi pengusaha.
CRM merupakan filosofi bisnis dan
serangkaian strategi, program dan system yang memperhatikan identifikasi dan
membangun kesetiaan dari pelanggan.
3.
PENGERTIAN MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN
Fokus
CRM adalah
mendapatkan dan mempertahankan pelanggan serta mengembangkan pandangan
pemasaran tradisional yang terfokus pada satu hal yaitu transaksi.
Dalam organisasi bisnis,
kebutuhan yang berfokus pada konsumen akan mengalami peningkatan. Pemahanan
terhadap kebutuhan serta keinginan konsumen yang belum terpenuhi dan strategi
yang membuat konsumen menjadi loyal pun menjadi hal yang mendasar untuk terus
dipikirkan oleh perusahaan.
Menurut pandapat Kotler (2003:
52) pemasaran relasional mendorong profitabilitas perusahaan dengan pencapaian
nilai agregat pemasaran melalui basis data konsumen.
Perbedaan antara pemasaran
transaksional dan pemasaran relasional terletak pada aspek orientasi perusahaan
menurut Achrol (1997).
Pada pemasaran transaksional
fokusnya hanya pada penjualan, orientasi pada karakteristik produk, skala
jangka pendek, bukan pada penekanan pelayanan pelanggan, pembatasan komitmen
dengan pelanggan, kontak dengan pelanggan tidak berkelanjutan dan kualitas yang
diperhatikan terutama yang berkaitan dengan produksi.
Sedangkan pemasaran relasional
berfokus pada pemeliharaan pelanggan, orientasi pada nilai-nilai pelanggan,
skala jangka panjang sangat menekankan pelayanan pelanggan dan memperhatikan
kualitas secara menyeluruh.
4.
PEMAHAMAN KESETIAAN PELANGGAN
Kesetiaan pelanggan adalah tujuan
dari CRM, untuk membuat para pelanggan mengulang kedtangannya pada took dan
merasa puas pada pengalaman berbelanja dan akan membawa barang-barang yang
mereka beli. Kesetiaan pelanggan pada pedagang berarti pelanggan mempunyai
komitman akan berbelanja barang-barang kebutuhan serta memakai layanan dari
ritel dan akan mengabaikan aktivitas pesaing yang mencoba untuk menarik
pelanggan.
Terdapat 4 pendekatan untuk
membangun kesetiaan pelanggan dan meningkatkan pelanggan menjadi lebih baik :
1.
Mengeluarkan
program langganan berbelanja
2.
Menawarkan
pelayanan khusus pada pelanggan
3.
Menuruti
selera pelanggan akan jasa yang disediakan
4.
Mengembangkan
perasaan melalui komunikasi
5.
PROSES CRM
CRM
adalah suatu proses interaktif yang mengubah data-data pelanggan ke dalam
kesetiaan pelanggan melalui beberapa kegiatan sebagai berikut :
1. Mengumpulkan data pelanggan
2. Menganalisis data pelanggan
tersebut dan mengindentifikasi target pelanggan
3. Mengembangkan program CRM
4. Menerapkan program CRM
Masing-masing
proses dapat dijelaskan sebagai berikut :
A. Pengumpulan Data
Tahap
pertama proses CRM adalah menciptakan basis data pelanggan. Basis data ini
dikenal sebagai gudang data pelanggan yang berisi data-data yang dikumpulkan
perusahaan.
ü
Basis Data Pelanggan
·
Transaksi sejarah lengkap tentang pembelian yang
dilakukan pelanggan.
·
Kontak pelanggan, atau rekaman dari interaksi
yang dilakukan pelanggan dengan pedagang
·
Pilihan pelanggan, yaitu informasi tentang apa
yang disukai oleh pelanggan
·
Informasi deskriptif data-data demografi dan
psikografi yang mengambarkan pelanggan
·
Tanggapan dari kegiatan pasar analisis transaksi
dan data hubungan menyediakan informasi tentang tanggapan pelanggan
ü
Informasi Tentang Identitas
·
Menanyakan informasi identitas
·
Menawarkan kartu belanja langganan
·
Menghubungkan nomor rekening dan kartu kredit
pihak ketiga
B. Analisi Data Pelanggan dan Identifikasi
Pelanggan
Menganalisi
basis data pelanggan dan mengubah data tersebut menjadi informasi yang dapat
membantu ritel mengembangkan program untuk membantu kesetiaan dari pelanggan.
ü
Mengindentifikasi Segmen Pasar
Difokuskan pada kelompok pelanggan
yang mempunyai kebutuhan serupa, membeli barang dengan dagangan serupa.
ü
Mengindentifikasi Pelanggan Terbaik
Dapat dilakukan dengan cara :
·
Nilai waktu hidup (untuk mengukur nilai setiap
pelanggan)
·
Puramida pelanggan
·
Analisis kekinian, frekuensi dan moneter
(digunakan melalui katalog)
C. Mengembangkan Program CRM
Digunakan
sebagai media untuk mempertahankan pelanggan, mengubah pelanggan baik menjadi
pelanggan dengan nilai LTV tinggi.
ü
Mempertahankan Pelanggan
Mewujudkan retensi pelanggan melalui
penyampaian produk inti dan pelayanan yang membuat terjalinnya relasi yang
berkelanjutan.
Upayanya sebagai berikut :
·
Usaha secara aktif yang dilakukan oleh ritel
·
Upaya hubungan didefinisikan mirip dengan
manfaat hubungan (relationship benefit)
Sedangkan
4 pendekatan untuk menahan (retensi) adalah :
·
Program Frekuensi
Belanja
Digunakan untuk membangun basis data
pelanggan dengan mengidentifikasi pelanggan dengan transaksi untuk mendorong
kebiasaan berbelanja dan kesetiaan terhadap ritel.
·
Pelayanan
Pelanggan Spesial
Pelayanan yang lebih untuk membangun
dan memelihara kepercayaan pelanggan tetapnya.
·
Personalisasi
Persepsi konsumen terhadap sampai
sejauh mana ritel berinteraksi dengan konsumen regurer secara ramah dan dengan
cara-cara personal.
·
Komunikasi
Pendekatan untuk membangun
kepercayaan pelanggan adalah membangun komunikasi antar pelanggan.
ü
Mengubah Pelanggan Baik menjadi Pelanggan dengan
Nilai LTV Tinggi
Dikenal dengan nama ilmu kimia pelanggan abad pertengahan, mengubah pelanggan dalam
segmen besi dan emas menjadi pelanggan platinum.
Ada 4 faktor yang membatasi
efektifitas program belanja :
·
Barang-barang yang mahal
·
Pengalaman berbelanja konsumen
·
Belum jelas (boros)
·
Kesulitan mengatur program belanja
ü
Berhadapan dengan Pelanggan yang tidak
Menguntungkan
Dua pendekatan untuk menghilangkan
pelanggan jenis ini :
·
Menawarkan pendekatan yang tidak menghabiskan
banyak biaya untuk memuaskan kebutuhan strata bawah.
·
Membebankan tagihan kepada pelanggan untuk
pelayanan yang disalahgunakannya.
D. Menerapkan Program CRM
Membutuhkan
koordinasi dari dalam dari kegiatan-kegiatan bagian yang berbeda dalam organisasi
ritel. Depatemen SIM (sistem informasi manajemen) dibutuhkan untuk mengumpulkan
informasi, menganalisis dan membuat informasi yang relevan yang dapat dibaca
dalam menerapkan program berkomunikasi dengan pelanggan.
6.
RAHASIA dan PROGRAM CRM
Hal ini terkait dengan sampai berapa jauh pelanggan
merasa terganggu atau perincian informasi yang mungkin dipandang sebagai
sesuatu bersifat rahasia yang digali oleh ritel.
Tingkatan pelanggan merasa terganggu pada saat :
·
Proses
penggalian informasi pribadi pelanggan menarik perhatian pelanggan lain saat
transaksi jual beli.
·
Tujuan
penggunaan dan pengumpulan informasi pribadi tersebut tidak diinformasikan.
Beberapa
ketentuan dari Uni Eropa yang berpengaruh dengan rahasia konsumen :
·
Perusahaan
dapat mengumpulkan informasi konsumen yang tujuannya diartikan secara jelas.
·
Tujuan
harus dijelaskan secara luas kepada konsumen.
·
Informasi
hanya dapat digunakan untuk tujuan khusus.
·
Hanya
mengirim informasi ke 15 negara Uni Eropa untuk kebijakan rahasia Negara.
Sekumpulan
prinsip untuk praktik informasi yang cukup antara lain :
·
Perhatian
dan kesadaran termasuk pernyataan informasi
·
Pemilihan
atau persetujuan, termasuk pilihan keluar (opt
out) dan pilihan masuk (opt in)
·
Masukan
atau partisipasi
·
Keutuhan
atau keamanan terhadap informasi pribadi
·
Pelaksanaan
atau perbaikan
RANGKUMAN
Didalam
CRM manajemen harus mempunyai filosofi yang terkait dengan manajemen hubungan
pelanggan yaitu sebuah filosofi bisnis dan merupakan serangkaian strategi,
program dan sistem yang berfokus pada pengidentifikasian dan pengembangan
loyalitas pelanggan.
CRM
adalah proses interaktif yang membutuhkan data pelanggan untuk membangun
kesetiaan pelanggan melalui aktifitas mengumpulkan data pelanggan, menganalisis
data pelanggan dan mengindentifikasikan pasar sasaran, mengembangkan program
CRM dan mengimplementasikan program CRM.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar