Marketing Mix untuk Barang dan Jasa
Penjelasanya
sebagai berikut :
Bauran
Pemasaran
merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai
tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan
keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran . yang dikenal dengan
istilah 4P. Mulai dari
pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place),
dan mempromosikan barang (promotion).
Penjelasan
mengenai variabel-variabel Bauran Pemasaran 4P (Barang) adalah sebagai berikut:
a)
Produk (product)
Produk adalah
segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh
digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan
konsumen.
b)
Harga (price)
Harga merupakan
jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk.
Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak
maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan
saingannya.
c)
Tempat (place)
Tempat termasuk
aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran.
Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk
yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
d)
Promosi (promotion)
Promosi merupakan
kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari
produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka
hasilkan.
4P
tersebut merupakan Konsep bauran pemasaran tradisional (traditional marketing mix) Sementara
itu, untuk pemasaran jasa perlu bauran pemasaran yang diperluas (expanded marketing for services) dengan
penambahan unsur non-traditional
marketing mix, yaitu people (orang) , process (proses) dan physical evidence (bukti fisik), sehingga menjadi tujuh unsur (7P). Masing-masing
dari tujuh unsur bauran pemasaran tersebut saling berhubungan dan mempunyai
suatu bauran yang optimal sesuai dengan karakteristik segmennya.
Penambahan
unsur bauran pemasaran jasa dilakukan karena jasa memiliki karakteristik yang
berbeda dengan produk, yaitu tidak berwujud (intangibility), tidak dapat dipisahkan (inspirability), berubah-ubah (variability),
mudah lenyap (perishability).
Maka
Bauran Pemasaran menjadi 7 P ( 4 P untuk Barang & 3P untuk Jasa)
Penjelasannya sebagai berikut :
1.
Product (Produk)
Produk
adalah segala sesuatu yang dapat di tawarkan meliputi barang fisik, jasa,
orang, tempat, organisasi, dan gagasan.
Berdasarkan
pendapat saya sendiri bahwa produk adalah barang ataupun jasa yang tersedia di
tawarkan kepada konsumen dengan tujuan untuk memberikan kepuasan dan mendapat
keuntungan.
2.
Price (Harga)
Yaitu jumlah uang yang harus dibayar
oleh pelanggan untuk memperoleh produk atau jasa.
Berdasarkan
pendapat saya sendiri bahwa Harga adalah sejumlah uang yang dikorbankan untuk
mendapatkan barang maupun jasa dalam kondisi tertentu.
3.
Promotion (Promosi)
Aktivitas
yang mengkomunikasikan produk dan membujuk pelanggan sasaran untuk membelinya.
Menurut
pendapat saya sendiri bahwa promosi adalah merupakan cara/alat yang digunakan
agar produk/jasa yang ditawarkan disukai/dikonsumsi oleh konsumen.
4.
Place (Tempat Atau Lokasi)
Termasuk
aktivitas perusahaan untuk menyalurkan produk atau jasa yang tersedia bagi
konsumen.
Menurut
pendapat saya sendiri Place merupakan waktu/tempat dimana produk dapat
diperoleh oleh konsumen/calon konsumen dengan mudah yang menguntungkan bagi
perusahaan dan pelanggan.
5.
People (Orang)
Adalah
semua pelaku yang memainkan sebagai penyajian jasa dan karenanya mempengaruhi
persepsi pembeli. Yang termasuk dalam elemen ini adalah personel perusahaan dan
konsumen lain dalam lingkungan jasa.
Menurut
pendapat saya sendiri bahwa people adalah setiap orang yang dapat menjadi
bagian dari suatu proses pemasaran barang maupun jasa.
6.
Process (Proses)
Meliputi prosedur, tugas-tugas,
jadwal-jadwal, mekanisme, kegiatan dan rutinitas dimana suatu produk atau jasa
disampaikan kepada pelanggan
Menurut pendapat saya sendiri Proses adalah
merupakan kegiatan yang dilalui/dijalani di dalam memasarkan produk kepada
calon konsumen/pelanggan.
7. Physical
Evidence (Bukti Fisik)
Merupakan
lingkungan fisik dimana jasa disampaikan, perusahaan jasa dan konsumennya
berinteraksi dan setiap komponen yang berwujud memfasilitasi penampilan atau
komunikasi jasa tersebut.
Bukti fisik dan yang
mewakili (Physical Evidence and Presentation). Bukti fisik yang dimiliki oleh
penyedia jasa yang ditujukan kepada konsumen sebagai usulan nilai tambah
konsumen (Philip kotler). Bukti fisik jasa mencakup semua hal yang berwujud
berkenaan dengan suatu jasa seperti brosur, kartu bisnis, format laporan dan
peralatan
Menurut pendapat saya
sendiri Physical evidence adalah merupakan wujud secara nyata yang dapat
ditawarkan dalam proses penawaran produk/jasa kepada calon konsumen maupun
konsumen.
Dalam pemasaran jasa dengan hanya mengandalkan 4P (product, price, promotion, place), perusahaan tidak dapat
memahami hubungan timbal balik antara aspek-aspek kunci dalam bisnis jasa. People, process dan physical evidence
ditambahkan dalam bauran pemasaran jasa dikarenakan sifat dan karakteristik
unik yang dimiliki oleh jasa itu sendiri.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa bauran
pemasaran jasa merupakan unsur-unsur pemasaran yang saling terkait, dibaurkan,
diorganisasi dan digunakan dengan tepat, sehingga perusahaan dapat mencapai
tujuan pemasaran yang efektif, sekaligus memuaskan kebutuhan dan keinginan
konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar