1).Apa
perlunya organisai penjualan itu, apa saja yang diatur /diorganisasi, dan
bagaimana organisasi penjualan yang baik? Jelaskan
·
Perlunya organisasi penjualan itu : Organisai penjualan kelompok orang-orang yang
bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama dan berguna untuk berinteraksi
langsung dengan pasar, agar tercapai target perusahaan.
·
Apa
saja yang diatur :
aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh pimpinan,
bidang-bidang/unit-unit kegiatan, tata hubungan antara bagian / unit-unit
kerja.
·
Bagaimana organisasi penjualan yang
baik :
Adalah organisasi yang mampu mencapai tujuannya secara efektif dan
efisien dan hubungan kerja yang harmonis dan suasana yng bergairah dan
orang-orang dalam organisasi tersebut.
2).Gambarkan salah satu bentuk organisasi penjualan , dan
jelaskan seperlunya?
Contoh:” gambar organisasi penjualan
berdasarkan kelompok customer
Misalnya: perusahaan/ industry”
Managemen Umum
Penjualan
(General Sales
Manager)
|
Distrik Manager
Padang
|
Group
salesman
|
Distrik Manager
Payakumbuh
|
Group
salesman
|
Distrik Manager
Bukittinggi
|
Group
salesman
|
Manager Penjualan
Industri Mobil
|
Manager Penjualan
Industri Alat-Alat
Rumah Tangga
|
Manager Penjualan
Industri Ban Mobil
|
Jelaskan seperlunya :
Managemen umum penjualan
(General Sales Manager ) terbagi atas 3 kantor pusat yaitu
·
Manager
penjualan industry mobil
·
Manager
penjualan industry alat-alat rumah tangga
·
Manager
penjualan industry ban mobil
Sedangkan
pada tingkat daerah perusahaan industry terbagi atas 3 yaitu:
·
Distrik
manager padang
·
Distrik
manager bukittinggi
·
Distrik
mamager payakumbuh
Setiap
perusahaan industri pada tingkat daerah distrik manager mempunyai Group
salesman masing-masing
3).Sebutkan
tugas-tugas manajer penjualan, dan apa bedanya dengan manajer pemasaran.
·
Tugas manajer penjualan adalah
sebagai berikut :
- Manajer penjualan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan marketing plan
- Manajer penjualan bertanggung jawab terhadap hasil penjualan produk
- Manajer penjualan bertanggung jawab terhadap sales management
- Manajer penjualan membina dan membimbing sales team
- Manajer penjualan membina dan memelihara hubungan baik dengan distributor dan sales outlets
- Manajer penjualan membuat sales plan dan sales report
·
Tugas Manajer Pemasaran adalah
sebagai berikut :
- Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap manajemen bagian pemasaran
- Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap perolehan hasil penjualan dan penggunaan dana promosi
- Manajer pemasaran sebagai koordinator manajer produk dan manajer penjualan
- Manajer pemasaran membina bagian pemasaran dan membimbing seluruh karyawan dibagian pemasaran
- Manajer pemasaran membuat laporan pemasaran kepada direksi
4).Jika rencana /sasaran penjualan tidak tercapai, sebutkan
kemungkinan-kemungkinan penyebabnya (minimal 4) dan siapa yang bertanggung
jawab dalam hal ini? Jelaskan :
Ø Kondisi dan Kemampuan Penjual.
o
Disini penjual harus dapat menyakinkan
kepada pembelinya agar dapat berhasil mencapai sasaran penjualan yang
diharapkan.
Ø Kondisi Pasar.
o
Pasar, sebagai kelompok pembeli atau
pihak yang menjadi sasaran dalam penjualan, dapat pula mempengaruhi kegiatan
penjualannya. Adapun faktor-faktor kondisi pasar yang perlu di perhatikan
adalah:
o
Jems pasarnya
b. Kelompok pembeli atau segmen pasarnya
c. Daya belinya
d. Frekuensi pembelian
e. Keinginan dan kebutuhan
b. Kelompok pembeli atau segmen pasarnya
c. Daya belinya
d. Frekuensi pembelian
e. Keinginan dan kebutuhan
Ø Modal.
o
penjual harus memperkenalkan dulu
membawa barangnya ketempat pembeli. Untuk melaksanakan maksud tersebut
diperlukan adanya sarana serta usaha, seperti: alat transport, tempat peragaan
baik didalam perusahaan maupun di luar perusahaan, usaha promosi, dan sebagainya.
Semua ini hanya dapat dilakukan apabila penjualan memiliki sejumlah modal yang
diperlukan untuk itu.
Ø Kondisi Organisasi Perusahaan.
o
Pada perusahaan besar, biasanya masalah
penjualan ini ditangani oleh bagian tersendiri (bagian penjualan) yang dipegang
orang-orang tertentu/ahli di bidang penjualan.
·
Yang
bertanggung jawab dalam hal ini adalah : Pimpinan.
5.)
Jelaskan tahap –tahap proses dalam
membuat rencana penjualan dan sebutkan data-data yang perlu di kumpulkan,
bagaimana cara memperoleh data-data tersebut?
Tahap-tahap
Rencana penjualan dalam sebuah perusahaan terdiri dari :
1.
Penentuan
tujuan produk untuk jumlah produk yang diproyeksikan akan dijual.
2.
Lokasi
di mana produk paling banyak diminat
3. Penentuan harga yang tepat yang
tergantung pada besaran penjualan yang hendak dicapai.
Data-data yang perlu dikumpulkan:
1.
Tempat
rencana penjualan
2.
Harga
3.
lokasi
Bagaimana cara memperoleh data-data:
- Penelitian dan peramalan penjualan
- Fungsi anggaran penjualan
- Tahap-tahap rencana penjualan
- Metode rencana penjualan
6.)
Sebutkan tingkatan-tingkatan manager
penjualan, dan apa skill yang harus dimiliki manager lapangan/manager yang berhubungan
langsung dengan customer :
Tingkatan-Tingkatan
Manager Penjualan:
1.
Pada
kantor Pusat / Nasional manager umum penjualan (General Sales Manager)
2.
Pada
tingkat Daerah (Geografis)
·
Ragional
Sales Manager
·
Distrik Sales Manager
Apa skill yang harus dimiliki
manager lapangan :
1.
Kepemimpinnan
2.
Cara
komunikasi yang baik
3.
Pandai
memotivasi
4.
Mempunyai
hal-hal yang menarik untuk kepentingan perusahaan.
7.) Kenapa kemampuan menjual itu dikatakan juga sebagai seni
/ kiat ? Dan apa saja kiat- kiat dalam
melakukan pendekatan dengan konsumen/ calon pembeli? Jelaskan :
Dikatakan sebagai seni/kiat karena : Taktik diartikan sebagai tindakan
spesifik yang berguna dalam melakukan penjualan, umumnya digunakan atau
diterapkan oleh para salesman untuk menarik para pelanggan.
Apa saja kiat-kiat dalam melakukan
pendekatan dengan konsumen :
1.
Melakukan
pendekatan terhadap calon pembeli antara lain
·
Teguran
·
Senyum
·
Dialog
2.
Mempengaruhi
perilaku/ alam pikiran calon pembeli yang sulit/ labil dalam mengambil
keputusan.
8).Sebutkan beberapa macam bentuk
keberatan pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan salesman, dan bagaimana
cara/strategi penjual/ salesman mengatasinya? Jelaskan:
Dalam
proses nego/tawar menawar keberatan yang sering terjadi antara lain:
1.
Keberatan
karena harga
2.
Keberatan
karena mutu/spesifikasi produk
3.
Keberatan
karena model
Bagaimana cara/strategi
penjual/salesman mengatasinya :
Umumnya para penjual yang telah
banyak pengalaman punya ilmu menjual dan trik-trik tertentu dalam menarik dan
mempengaruhi calon pembeli,
9). Jelaskan beda kebijakan (policy)
dengan strategi, dan taktik dan sebutkan siapa yang menetapkan masing-masingnya
:
Kebijakan
(policy) : Merupakan pola atau patron
yang harus diikuti dalam membuat keputusan.
Strategi : Cara-cara atau tindakan terbaik
yang digunakan untuk mencapai tujuan/sasaran.
Taktik
: Tindakan spesifik yang dilakukan
dalam melakukan penjualan sesuai dengan situasi dan kondisi.
Sebutkan
yang menetapkannya masing-masing tersebut :
Step one
Market opportunities
analysis
|
Step two
Generate strategies
|
Step three
Select the strategy
|
Step five
Review and revise
|
Step four
Program marketing
mix
|
Step six
Audit and adjust
|
10). Jelaskan berapa tahap yang harus
dilakukan dalam merumuskan strategi, dan sebutkan analisis-analisis yang perlu
dilakukan :
Tahap-tahap
yang harus dilakukan dalam merumuskan
strategi :
1.
Menganalisis
Peluang Pasar.
2.
Menciptakan
strategi untuk mencapai sasaran.
3.
Strategi
yang dipilih di implementasikan dalam program.
4.
Mereview
dan merevisi strategi-strategi.
5.
Mengaudit
keberhasilan strategi
Analisis-analisis
yang perlu dilakukan :
Meliputi faktor-faktor external dan faktor
internal
Faktor external meliputi :
·
Daya
beli masyarakat
·
Kekuatan
dan kelemahan pesaing
·
Peraturan-peraturan
pemerintah
·
Produk-produk
substitusi
Faktor internal meliputi :
Sumber daya (keuangan ,perlengkapan-perlengkapan
tenaga kerja, skill dan teknologi yang dimiliki)
Berdasarkan analisis faktor internal
dan external ditetapkan tujuan/sasaran yang akan dicapai.
11). Terangkan bagaimana cara
menentukan strategi yang terbaik, berikan contoh menetapkan strategi harga
rendah (murah) :
Cara
menentukan strategi yang terbaik :
Bahwa dalam membuat
strategi-strategi yang terbaik di bidang penjualan perlu dilakukan pengumpulan
data-data dan informasi yang baik data internal maupun external, baik dengan
cara riset atau observasi.
Contoh
menetapkan strategi harga rendah :
Strategi harga rendah (murah)
umumnya akan digunakan apabila perusahaan menghadapi persaingan tajam dan
konsumen mempunyai sensivitas terhadap harga, Dengan harapan agar perusahaan
dapat menekan harga produksi dan biaya-biaya pemasaran lainnya.
12). Sebutkan apa saja yang perlu direncanakan dalam bidang
penjualan dan apa sasaran yang harus dicapai di bidang penjualan itu (minimal
3) :
Yang
perlu direncanakan dalam bidang penjualan :
Perencanaan dalam bidang penjualan
dapat dikatakan sebagai kegiatan untuk membuat anggaran penjualan, metode
penjualan, syarat-syarat apa yang dilakukan dalam melakukan penjualan dan
menetapkan harga penjualan.
Sasaran
yang harus dicapai di bidang penjualan :
1.
Mencari
Laba
2.
Menjual
sebanyak-banyaknya produk
3.
Menguasai
pasar agar penjualan berhasil
13). Sebutkan factor-faktor yang
mempengaruhi volume penjualan dan apa kebijaksanaan manajer penjualan untuk
meningkatkan volume penjualan dan laba :
Faktor-faktor
yang mempengaruhi volume penjualan :
1. Kualitas barang.
Turunnya
mutu barang dapat mempengaruhi volume penjualan, jika barang yang
diperdagangkan mutunya menurun dapat menyebabkan pembelinya yang sudah menjadi
pelanggan dapat merasakan kecewa sehingga mereka bisa berpaling kepada barang
lain yang mutunya lebih baik.
2. Selera konsumen.
Selera konsumen tidaklah tetap dan dia dapat berubah setiap saat, bilamana selera konsumen terhadap barang-barang yang kita perjualkan berubah maka volume penjualan akan menurun.
Selera konsumen tidaklah tetap dan dia dapat berubah setiap saat, bilamana selera konsumen terhadap barang-barang yang kita perjualkan berubah maka volume penjualan akan menurun.
3. Servis terhadap pelanggan merupakan faktor
penting dalam usaha memperlancar penjualan terhadap usaha dimana tingkat
persaingan semakin tajam. Dengan adanya servis yang baik terhadap para
pelanggan sehingga dapat meningkatkan volume penjualan.
4. Persaingan menurunkan harga jual.
Potongan harga dapat diberikan dengan tujuan agar penjualan dan keuntungan perasahaan dapat ditingkatkan dari sebelumnya. Potongan harga tersebut dapat diberikan kepada pihak tertentu dengan syarat-syarat tertentu pula.
Potongan harga dapat diberikan dengan tujuan agar penjualan dan keuntungan perasahaan dapat ditingkatkan dari sebelumnya. Potongan harga tersebut dapat diberikan kepada pihak tertentu dengan syarat-syarat tertentu pula.
Kebijaksanaan manajer penjualan
untuk meningkatkan volume penjualan dan laba :
Dengan
melakukan Promosi : berfungsi
untuk meningkatkan volume penjualan juga sebagai strategi untuk menjangkau
pembeli untuk melakukan pertukaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar