SELAMAT DATANG DAN MENIKMATI BLOG ANGGA HARPEGES TOLONG COMMENTYA ^-^

Minggu, 25 Maret 2012

Tugas Pengantar Manajemen


                                                   
1.      a. Jelaskan mengapa tidak selalu mudah menentukan dengan tepat siapakah  manajer dalam organisasi ?
Jawab :
Karena seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efesien dan apabila hal ini tidak dilakukan dengan tepat maka berisiko terhadap tujuan yang akan dicapai oleh organisasi tersebut.

b.  Jelaskan perbedaan antara manajer, pimpinan, dan karyawan manajerial, jelaskan contoh pada PT Semen Padang ?

Jawab :

·         Manajer adalah :  Seseorang yang bekerja dengan atau melalui orang lain melalui kegiatan mengkoordinasi berbagai aktifitas pekerjaan dalam upaya untuk mencapai tujuan organisasi.

·         Pimpinan adalah : Sekelompok orang yang menjalankan suatu wadah/organisasi dimana pemimpin berada.


·         Karyawan Manajerial adalah : Setiap orang yang berhak memerintah bawah­annya untuk mengerjakan sebagian pekerjaannya dan dikerjakan sesuai dengan perintah. Mereka mencapai tujuannya melalui kegiatan-kegiatan orang lain.
Contohnya pada PT. Semen Padang :
      Disini saya mencontohkannya sebagai berikut :

·         Manajer : Pada PT. Semen Padang  terdapat tingkatan manajer mulai dari bawah ke atas:

a ) Manejemen lini pertama (first-line management), dikenal pula dengan istilah manajemen operasional, merupakan manajemen tingkatan paling rendah yang bertugas memimpin dan mengawasi karyawan non-manajerial yang terlibat dalam proses produksi.
b) Manajemen tingkat menengah (middle management), mencakup semua manajemen yang berada di antara manajer lini pertama dan manajemen puncak dan bertugas sebagai penghubung antara keduanya.
c)  Manajemen puncak (top management), dikenal pula dengan istilah executive officer. Bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan.

·         Pimpinan pada PT Semen Padang tugasnya mengatur personel yang menjadi bawahannya.

·         Karyawan Manajerial pada PT. Semen Padang dibedakan atas manajer lini dan manajer staf.

a)      Manajer  Lini
Bertugas sebagai pemimpin yang mempunyai wewenang link (line authority), berhak dan bertanggung jawab langsung merealisasi tujuan perusahaan.

b)      Manajer Staf
Bertugas sebagai pemimpin yang mempunyai wewenang staf (staff authority) yang hanya berhak memberikan saran dan pelayanan untuk memperlancar penyelesaian tugas-tugas manajer lini.


c.   Anda diminta membuat struktur organisasi perusahaan Terbuka (Tbk) dan menjelaskan tingkatan manajemen dalam perusahaan, ada berapa tingkatan manajemen pads perusahaan tersebut ? (jawaban tdk boleh sama) :


Jawab :

Pada soal ini saya mengambil contoh pada PT. TIFICO Tbk, PT ini menerapkan struktur organisasi fungsional dimana organisasi menurut fungsi menyatukan semua orang yang terlibat dalam satu aktivitas yang disebut fungsi dalam satu group.

Pada PT. TIFICO Tbk ada 3 Tingkatan Manajemen yang mereka terapkan dalam menjalankan roda perusahaannya antara lain sebagai berikut :

1.      Manajemen lini / garis pertama (first line management) adalah tingkatan manajemen yang paling bawah / rendah dalam suatu perusahaan.
Contohnya :  Kepala seksi, mandor dan penyelia (Supervisor)
2.      Manajemen Menengah (Middle management) adalah tingkatan manajemen pada level menengah.
Contohnya : Manajer departemen kepala bagian.
3.      Manajemen Puncak (Top Management) adalah tingkatan management yang bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen perusahaan.
Contohnya : Presiden direktur utama dan direktur.

2.      a )  Ada beberapa pendapat dari para ahli seperti Mintzberg, Katz mengenai berbagai keahlian manajemen, menurut anda apakah berbagai keahlian itu penting. bagi manajer sekarang ?  (cases : perusahaan soal 1c)
Jawab :  
Kalau menurut saya keahlian itu  “sangat penting”  bagi seorang manajer,  karena dengan memiliki keahlian para manajer bisa melakukan perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan secara efektif dan efisien, selain itu juga bisa dalam hal melakukan pengarahan terhadap para karyawan dan pengisian jabatan (berkenaan dengan penarikan, penempatan, pemberian latihan dan pengembangan serta orientasi pada karyawan di lingkungan kerja yang menguntungkan dan produktif) .
b.   Ada berbagai sudut pandang untuk melihat apa yang dikerjakan oleh seorang manajer, jelaskan perbedaan sudut pandang sistem, dan kontingensi untuk

    Jawab :
Sudut pandang adalah tempat dimana seorang pengarang melihat sesuatu. Sudut pandang ini tidak diartikan sebagai penglihatan atas suatu barang dari atas atau dari bawah, tetapi bagaimana kita melihat barang itu dengan mengambil suatu posisi tertentu.

Ada beberapa perbedaan sudut pandang sistem dan kontigensi terhadap kerja  manajer :
Tiga sudut pandang utama tentang  kerja manajer dapat dikelompokkan berdasarkan pendekatan-pendekatan sebagai berikut :
·         Pendekatan klasik (the classical approaches), yang dikenal sebagai aliran manajemen ilmiah (scientific management) yaitu pendekatan system kerja manajer  pada studi manajemen dengan prinsip-prinsip universal untuk berbagai situasi.
·         Pendekatan sumber daya manusia (the human resources approaches), yang dikenal juga sebagai aliran perilaku, yaitu pendekatan pada studi manajemen tentang kebutuhan manusia, kerja kelompok serta peranan faktor-faktor social di tempat kerja.

·         Pendekatan kauntitatif atau pendekatan ilmu manajemen (the quantitative or management science approaches), yaitu pendekatan pada studi manajemen dengan menggunakan teknik-teknik matematis dalam memecahkan masalah manajemen dalam sebuah organisasi.

c.   Jelaskan mengapa efisiensi dan keefektifan penting bagi manajemen bagi suatu perusahaan dari contoh soal c diatas ? :

Jawab :

Dalam suatu perusahaan atau organisasi kesuksesan dalam perencanaan dan pelaksanaan sesuatu harus didukung oleh strategi yang baik dan salah satu syarat bagi kesuksesan perusahaan adalah dengan melakukan  Efisiensi dan Keefektifan.

Hal inilah yang diterapkan oleh PT.  TIFICO Tbk unsur efisien dan efektifan yang memegang peranan penting bagi kesuksesan PT.  TIFICO Tbk.
3.      a. Menurut anda apakah suatu organisasi itu perlu mengalami perubahan, Kenapa ? dan   Jelaskan tiga karakteristik organisasi ? :
Jawab :
Kalau menurut saya perlu karena Proses Perubahan merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari oleh setiap organisasi. Organisasi akan selalu mengalami dinamika perubahan, baik yang disebabkan dari dalam maupun dari luar organisasi. Perubahan tidak harus terjadi begitu saja, namun perubahan harus mampu dikelola dengan baik. Perubahan juga bisa menjadi kesuksesan perusahaan tersebut.
3 Karakteristik Organisasi :
·         Tujuan
Setiap organisasi harus memiliki tujuan. Tujuan dicerminkan oleh sasaran-sasaran yang dilakukan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Tiga bidang utama dalam tujuan organisasi yaitu profitability (keuntungan), growth (pertumbuhan), dan survive (bertahan hidup).
·         Kumpulan Orang
Jelas, tidak mungkin jika organisasi hanya terdiri dari satu orang yang ingin mencapai tujuannya sendiri.
Dari definisi dijelaskan bahwa organisasi setidaknya terdiri dari kumpulan orang, berarti minimal dua, yang memiliki tujuan bersama.
·         Struktur
Struktur dibentuk dalam sebuah organisasi dengan tujuan agar posisi setiap anggota organisasi dapat dipertanggungjawabkan, mengenai hak maupun kewajibannya.

b. Menurut anda, apakah pemahaman tentang manajemen itu hanya diperlukan oleh seorang manajer, jelaskan ?

Jawab :

Tidak, selain manajer setiap karyawan harus bisa memahami tentang manajemen karena pemahaman terhadap manajemen berguna bagi kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh karyawan pada perusahaan.


c. Apa yang anda harapkan menjadi seorang manajer, tantangan atau imbalan, jelaskan perbedaan keduanya ?

   Jawab :
  
    Saya memilih untuk mengharapkan “Tantangan” karena dengan memilih tantangan ini saya menjadi terobsesi untuk bekerja semaksimal mungkin dan sungguh-sunguh dalam menjalankan peran manajer yang saya beban sekarang ini dan apabila tantangan ini tercapai maka imbalan akan mudah untuk di dapat.

    Perbedaan Tantangan dan Imbalan :
·         Tantangan :
Merupakan sesuatu  yang bersifat sangat dahsyat dalam mencapai sesuatu tujuan yang ingin kita raih.
·         Imbalan     :
Sesuatu yang didapat setelah pekerjaan atau tantangan selesai dikerjakan.

4.      a. Jelaskan mengapa pembagian kerja dan revolusi industri penting bagi kajian manajemen saat ini ? menurut anda seberapa pentingkah ?
Jawab :
Menurut saya sangat penting, alasannya karena dengan menerapkan pembagian kerja dan revolusi industry : supaya pekerjaan terselenggara dengan baik sesuai rencana dan dapat diketahui dengan jelas tujuan suatu organisasi, pegawai atau karyawan yang bertanggung jawab atas terselenggaranya pekerjaan tersebut dan dengan menerapkan Revolusi Industri telah mengubah cara kerja manusia dari penggunaan tangan menjadi menggunakan mesin.

b. Jelaskan dan gambarkan sumbangan Frederick F.Taylor, Frank dan Lilian Gilberth dan max weber, henri fayol dan Hawthorne, apakah perbedaan satu dengan yang lainnnya terhadap sumbagan bagi manajemen ?

Jawab :

Perbedaan yang ditimbulkan oleh para ahli di atas adalah :

·         Frederick F.Taylor
Dikenal dengan manajemen ilmiahnya dalam upaya meningkatkan produktivitas. Gerakannya yang terkenal adalah gerakan efisiensi kerja. Dan menghasilkan 4 prinsip yang ditetapkan yaitu :
1. Pengembangan manajemen ilmiah secara benar.
2.Pekerjaan diseleksi secara ilmiah dengan rnenempatkan pekerjaan yang cocok untuk satu pekerjaan.
3. Adanya pendidikan dan pengambangan ilmiah dari para pekerja.
4.Kerjasama yang baik antara manajernen dengan pekerja.
·         Frank dan Lilian Gilberth dan Max weber,
Berhasil menciptakan micromotion yang dapat mencatat setiap gerakan yang dilakukan oleh pekerja dan lamanya waktu yang dihabiskan untuk melakukan setiap gerakan tersebut.

·         Henri Fayol dan Hawthorne
Mengajukan gagasan lima fungsi utama manajemen: merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan.

5.      a. Dalam memasarkan produk banyak strategi yang dilakukan oleh perusahaan salah satunya     adalah dengan e-commerce, menurut anda apakah e commerce sama dengan e-bisnis, jelaskan? Gambarkan ketiga kategori keterlibatan e- bisnis ?

Jawab :

Pendapat saya “Berbeda”  karena Istilah e-business dan e-commerce seringkali terlihat dan digunakan untuk proses yang sama. Namun demikian, meskipun berhubungan, keduanya memiliki arti yang berbeda.
1. E-business lebih luas dalam lingkup dan e-commerce hanya merupakan satu aspek atau satu bagian dari e-business.
2. E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.
3. E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-business, transaksi uang tidak diperlukan.
4. E-business melibatkan pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen, dll.
Gambar kategori keterlibatan e bussinnes :
·         B2C (Bussiness to Consumers) Anatara organisasi dengan perorangan.
a)      Nilai uang yang dilibatkan lebih kecil.
b)      Transaksi tidak sering terjadi.
c)      Secara relatif sederhana.
·         B2B (Bussiness to Bussiness)
·         B2E (Bussiness to Education)
a)      Antar organisasi
b)      Nilai uang yang dilibatkan lebih besar
c)      Hubungan yang kuat dan berkelnjutan
d)      Pemberian kredit oleh penjual ke pelanggan

    b.  Mengapa manajer harus memperhatikan inovasi dan fleksibilitas ?

        Jawab :
       
o   Manajer harus memiliki Inovasi karena dengan memiliki inovasi manajer bisa menciptakan Suatu kreasi, pengembangan dan implementasi suatu produk, proses ataupun layanan baru dengan tujuan meningkatkan efisiensi, efektifitas ataupun keunggulan bersaing.

o   Manajer harus memiliki Fleksibilitas agar dapat memberikan peluang bagi manajer untuk mengelola laba.
     
     c. Apakah menjadi pebisnis berbasis web prinsip manajemen ilmiah dapat berguna?
        
        Jawab :

Berguna karena bagi para pebisnis berbasis web teori manajemen ilmiah sangat penting dalam menentukan tanggung jawab dari para karyawannya maupun manjernya.

6.    a. Ada beberapa pandangan mengenai manajemen yaitu pandangan simbolis dan maha kuasa, jelaskan maksudnya dan menurut anda yang paling cocok dengan kondisi saat ini pandanga yang mana ?

          Jawab :
         
·         Pandangan Simbolis yaitu :
Pandangan bahwa manajer hanya mempunyai akibat yang terbatas dari organisasi.

·         Pandangan Maha Kuasa yaitu :
Pandangan bahwa manajer harus bertanggung jawab secara langsung atas keberhasilan atau kegagalan organisasi.

Menurut saya saat ini pandangan maha kuasa yang lebih cocok atau efisien diterapkan pada perusahaan karena manajer mempunyai tanggung jawab atas segala apa yang terjadi dalam perusahaan.
             
b.      Apa yang dimaksud dengan budaya organisasi dan berikan contoh pada pelaksanaannya ? dan gambarkan tujuh dimensi budaya organisasi ?

Jawab :

Budaya Organisasi adalah :  Sistem makna bersama dalam organisasi yang menentukan pada kadar tinggi cara karyawan bertindak.

Contoh Pelaksanaanya :  Pada PT. Abadi Jaya Tbk, telah menerapkan sistem budaya organisasi dimana sistem nilai organisasi yang dianut oleh anggotanya yang kemudian mempengaruhi cara bekerja dan berperilaku anggota tersebut untuk mencapai tujuan organisasi.

Gambarkan  7 Dimensi budaya organisasi

1.      hubungan manusia dengan alam,
2.      individualisme versus kolektivisme,
3.      orientasi waktu,
4.      orientasi aktivitas,
5.      informalitas,
6.      bahasa 
7.      kepercayaan.

c.       Menurut anda bagaimana budaya mempengaruhi apa yang dilakukan manajer

Jawab :

Menurut saya budaya sangat mempengaruhi keputusan - keputusan manajer yaitu :
·         Perencanaan
·         Pengorganisasian (Interaksi para manajer dengan masing-masing yang lain).
·         Kepemimpinan (Kadar kepeduliaan para manajer pada peningkatan kepuasan kerja manajer).
·         Pengendalian (Pengevaluasian kinerja karyawan)

7. a. Apa yang dimaksud dengan TQM (total Quality Manajemen), apakah perusahaan yang ada saat ini sudah menerapkan TQM, berikan contohnya
          Jawab :
          TQM ( Total Quality Manajemen ) adalah : Konsep perbaikan yang dilakukan secara terus menerus, yang melibatkan semua karyawan di setiap level organisasi, untuk mencapai kualitas yang ‘exellent’ dalam semua aspek organisasi melalui proses manajemen.
Perusahaan yang menerapkan TQM  : Toyota , Toyota hanyalah satu dari sekian banyak merek made in Japan yang menjulangkan kejayaan di seluruh dunia.
Inilah the Japanese Spirit dan sekarang hampir semua perusahaan dan organisasi di dunia yang ingin meraih sukses mengadopsinya. Salah satu semangat Jepang ini termanifestasikan dalam Total Quality Management (TQM) yang dikembangkan oleh Kaoru Ishikawa di Toyota.
Singkatnya, Total Quality Management adalah sebuah pendekatan manajemen yang bertumpu pada total kualitas yang dilakukan secara komprehensive dan menyeluruh.
b.    Apa yang dimaksud dengan lingkungan organisasi, dan gambarkan keempat faktor lingkungan organisasi tertentu ?

Jawab :

Lingkungan Organisasi  adalah : Sebagai lingkungan eksternal dan internal yang mempengaruhi baik langsung maupun tidak langsung terhadap organisasi. Lingkungan organisasi tidaklah statis namun bersifat dinamis dan kompleks.

Gambarkan 4 faktor lingkungan organisasi :

1.      Faktor Lingkungan Internal
faktor internal yang disebut dengan budaya organisasi.

2.      Faktor Lingkungan Eksternal
lingkungan yang terkait dengan kegiatan operasional organisasi dan bagaimana kegiatan operasional ini dapat bertahan.

3.      Faktor Lingkungan Khusus
terdiri dari; pelanggan, pemasok, pesaing, dan kelompok masyarakat yang langsung berpengaruh terhadap organisasi.

4.      Faktor Lingkungan Umum
meliputi kondisi ekonomi, politik/ perundangan, sosiokultural, demografi, teknologi, dan kondisi global.

c.     Apa komponen ketidakpastian lingkungan, bagaimana manajer mengantisipasinya ?

Jawab :

Komponen ketidakpastian lingkungan :
·         Komponen sumber daya atau resources. Baik Sumber daya alam, manusia, keuangan, dan lain sebagainya
·         Komponen peristiwa atau perils yang mengancam. Misalnya Kebakaran, Tabrakan, Banjir, Gempa bumi dan peril-peril lainnya.
·         Komponen hazards atau faktor-faktor yang mempengaruhi kemungkinan terjadi/tidaknya peristiwa yang mempengaruhi tinggi/rendahnya akibat (ada physical hazards dan moral hazards)

Cara antisipasi oleh manajer :
Dengan melakukan semacam cara rasional yang  harus dilakukan yang mana dinamakan dengan manajemen risiko, dimana hal trsebut sangat efektif dalam mengantisipasi segala akibat dari ketidakpastian lingkungan yang akan terjadi pada perusahaan.
8. a. Bagaimana perekonomian global menciptakan baik peluang maupun ancaman bagi para manajer
          Jawab :
          Peluang : Apabila sektor riil perekonomian  mulai tumbuh maka akan dapat membuka lapangan kerja baru yang pada gilirannya akan memberikan pendapatan bagi tenaga kerja.
          Ancaman : Ancaman terdapat pada persaingan antar pebisnis bisnis lainnya.

b.    Apa yang dimaksud prokaialisme, kenapa menciptakan masalah bagi manajer, berikan contohnya ?

Jawab :
Pengertian Prokaialisme : Merupakan semacam pengelompokkan faksi-faksi pada suatu perusahaan.
Kenapa bagi manajer merupakan masalah :
Karena prokaialisme merupakan semacam hambatan dalam meraih kesatuan pada organisasi, dan ini bisa memecah belah organisasi.

c.      Bandingkan MNC, TNC dan organisasi tanpa batas negara, mewakili sikap global apa saja tiap jenis organisasi tersebut ?
Jawab :
Perbandingan MNC (Multi National Corporation ) : Sebagai suatu perusahaan yang mempertahankan operasi-operasi signifikan di dua atau lebih negara secara bersamaan namun pengelolaannya (keputusan dan kontrol utamanya) dilakukan oleh perusahaan induknya di negara asal.

 TNC (Trans National Corporation) merupakan :  Suatu perusahaan yang mempertahankan operasi pentingnya di lebih dari satu negara secara simultan namun mendesentralisasikan manajemen (pembuatan keputusan) pada negara setempat dimana subsidiary berada.

Kedua organisasi ini mewakili sikap :

Keduanya memiliki perbedaan. Perbedaan pokok keduanya adalah pada cara pengambilan keputusan. Untuk MNC keputusan diambil oleh perusahaan induk (parent company) sedangkan TNC pengambilan keputusan sudah menjadi kewenangan anak perusahaan (subsidiary) karena adanya desentralisasi.
9. a. Bisakah anda jelaskan dan berikan contoh corporate social responsibility yang sudah dilakukan oleh perusahaan2 yang ada di Sumatera Barat ?
          Jawab :
          Perusahaan yang telah menerapkan CSR ( Corporate Soosial Responsibility ) di Sumatera Barat adalah : PT. Semen Padang,  PT. Semen Padang menerapkan CSR dengan menberikan biaya gratis pengobatan bagi masyarakat sekitar yang terkena dampak dari abu semen tersebut dan memberikan biaya ganti rugi terhadap perumahan perumahan yang terkena dampak dari asap perusahaan tersebut.

b.    Apa perbedaan kewajiban sosial, kecepat tanggapan sosial dan tanggung jawab sosial ?

Jawab :

·         Kewajiban Sosial Adalah :
Merupakan suatu keharusaan yang harus dilakukan oleh perusahaan terhadap para karyawannya karena telah di atur dalam uu perusahaan


·         Kecepattanggapan Sosial Adalah :
Merupakan  daya  kemampuan memahami apa yang diinginkan pelanggan dari perusahaan, dan jaminan sebagai  bentuk kepastian yang diperoleh pelanggan setelah dilakukan transaksi pembelian.


·         CSR adalah :
Suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.


c.   Bagaimanakah kaitan antara manajemen yang berbasis nilai dan konsep tanggung jawab sosial serta kecepat-tanggapan social

Jawab :

Kaitannya :

Manajemen berbasis nilai:
Kaitan lebih mengedepankan Pendekatan terhadap pengelolaan dimana para manajer menetapkan dan mempraktekkan nilai bersama pada sebuah organisasi.

Manajemen konsep tanggung jawab social :
Kaitannya lebih mengedepankan kepada etika bisnis perusahaan tersebut.

Kecepat-tanggapan social  :
Kaittanya lebih mengedepankan kepada layanan kepada pelanggannya memahami apa keingginnan pelanggan tersebut.
10. a. Bagaimanakah tahap perkembangan moral, karakteristik individu, dan variabel struktural mempengaruhi keputusan manajer untuk berperilaku etis atau tidak etis?
          Jawab :
          Perkembangan moral, karakteristik individu dan variable struktural sangat mempengaruhi manajer dalam berperilaku etis dan tidak etis karena 3 faktor tersebut merupakan sesuatu yang mendorong orang untuk melakukan kebaikan bertindak. Tahap –tahap perkembangan Moral berpandangan bahwa penalaran moral, yang merupakan dasar dari perilaku etis.

b.    Peran apakah yang dimainkan kepemimpinan manajemen puncak dalam mendorong sikap etis ?

Jawab :

Kepemimpinan yang berhasil dalam mendorong sikap etis  memerlukan perilaku baik dari kepemimpinan tersebut sehingga dapat  menyatukan dan merangsang pengikut untuk mencapai tujuan dalam bersikap etis

c.     Apakah kriteria keputusan dan mengapa kriteria itu penting bagi para pengambil keputusan ?

Jawab :

Kriteria Keputusan : Merupakan  ukuran dasar yang digunakan untuk menuntun pertimbangan dan keputusan.

Kriteria itu penting karena :  Menuntun para pembuat keputusan dalam hal mengeluarkan keputusan tersebut dimana keputusan ini tidak merugikan semua belah pihak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar