1. a.
Jelaskan mengapa tidak selalu mudah
menentukan dengan tepat siapakah manajer
dalam organisasi ?
Jawab
:
Karena seorang manajer bertugas
mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi secara
efektif dan efesien dan apabila hal ini tidak dilakukan dengan tepat maka
berisiko terhadap tujuan yang akan dicapai oleh organisasi tersebut.
b. Jelaskan perbedaan antara manajer,
pimpinan, dan karyawan manajerial, jelaskan contoh pada PT Semen Padang ?
Jawab :
·
Manajer adalah : Seseorang yang bekerja dengan atau melalui
orang lain melalui kegiatan mengkoordinasi berbagai aktifitas pekerjaan dalam
upaya untuk mencapai tujuan organisasi.
·
Pimpinan adalah : Sekelompok orang yang menjalankan suatu
wadah/organisasi dimana pemimpin berada.
·
Karyawan Manajerial adalah : Setiap orang yang
berhak memerintah bawahannya untuk mengerjakan sebagian pekerjaannya dan
dikerjakan sesuai dengan perintah. Mereka mencapai tujuannya melalui
kegiatan-kegiatan orang lain.
Contohnya pada PT.
Semen Padang :
Disini
saya mencontohkannya sebagai berikut :
·
Manajer : Pada PT. Semen Padang terdapat
tingkatan manajer mulai dari bawah ke atas:
a ) Manejemen lini pertama (first-line
management), dikenal pula dengan istilah manajemen operasional, merupakan
manajemen tingkatan paling rendah yang bertugas memimpin dan mengawasi karyawan
non-manajerial yang terlibat dalam proses produksi.
b) Manajemen
tingkat menengah (middle management), mencakup semua manajemen yang berada di
antara manajer lini pertama dan manajemen puncak dan bertugas sebagai
penghubung antara keduanya.
c) Manajemen puncak (top management), dikenal
pula dengan istilah executive officer. Bertugas merencanakan kegiatan dan
strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan.
·
Pimpinan
pada PT Semen Padang tugasnya
mengatur personel yang menjadi bawahannya.
·
Karyawan
Manajerial pada PT. Semen Padang dibedakan atas manajer lini dan
manajer staf.
a) Manajer Lini
Bertugas
sebagai pemimpin yang mempunyai wewenang link (line authority), berhak dan
bertanggung jawab langsung merealisasi tujuan perusahaan.
b) Manajer Staf
Bertugas sebagai pemimpin yang
mempunyai wewenang staf (staff authority) yang hanya berhak memberikan saran
dan pelayanan untuk memperlancar penyelesaian tugas-tugas manajer lini.
c. Anda diminta membuat struktur
organisasi perusahaan Terbuka (Tbk) dan menjelaskan tingkatan manajemen dalam
perusahaan, ada berapa tingkatan manajemen pads perusahaan tersebut ? (jawaban
tdk boleh sama) :
Jawab
:
Pada
soal ini saya mengambil contoh pada PT. TIFICO Tbk, PT ini menerapkan struktur
organisasi fungsional dimana organisasi menurut fungsi menyatukan semua
orang yang terlibat dalam satu aktivitas yang disebut fungsi dalam satu group.
Pada
PT. TIFICO Tbk ada 3 Tingkatan Manajemen yang mereka terapkan dalam menjalankan
roda perusahaannya antara lain sebagai berikut :
1.
Manajemen
lini / garis pertama (first line management) adalah tingkatan manajemen yang
paling bawah / rendah dalam suatu perusahaan.
Contohnya : Kepala seksi, mandor dan penyelia
(Supervisor)
2.
Manajemen
Menengah (Middle management) adalah tingkatan manajemen pada level menengah.
Contohnya : Manajer departemen kepala
bagian.
3.
Manajemen
Puncak (Top Management) adalah tingkatan management yang bertanggung jawab atas
keseluruhan manajemen perusahaan.
Contohnya : Presiden direktur
utama dan direktur.
2.
a
) Ada beberapa pendapat dari para ahli
seperti Mintzberg, Katz mengenai berbagai keahlian manajemen, menurut anda
apakah berbagai keahlian itu penting. bagi manajer sekarang ? (cases : perusahaan soal 1c)
Jawab
:
Kalau menurut saya keahlian
itu “sangat
penting” bagi seorang manajer, karena dengan memiliki keahlian para manajer
bisa melakukan perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan secara efektif dan
efisien, selain itu juga bisa dalam hal melakukan pengarahan terhadap para
karyawan dan pengisian jabatan (berkenaan dengan penarikan, penempatan,
pemberian latihan dan pengembangan serta orientasi pada karyawan di lingkungan
kerja yang menguntungkan dan produktif) .
b. Ada berbagai sudut pandang untuk
melihat apa yang dikerjakan oleh seorang manajer, jelaskan perbedaan sudut
pandang sistem, dan kontingensi untuk
Jawab
:
Sudut
pandang adalah tempat dimana seorang pengarang melihat sesuatu. Sudut pandang
ini tidak diartikan sebagai penglihatan atas suatu barang dari atas atau dari
bawah, tetapi bagaimana kita melihat barang itu dengan mengambil suatu posisi
tertentu.
Ada
beberapa perbedaan sudut pandang sistem dan kontigensi terhadap kerja manajer :
Tiga
sudut pandang utama tentang kerja
manajer dapat dikelompokkan berdasarkan pendekatan-pendekatan sebagai berikut :
·
Pendekatan
klasik (the classical approaches), yang dikenal sebagai aliran manajemen ilmiah
(scientific management) yaitu pendekatan system kerja manajer pada studi manajemen dengan prinsip-prinsip
universal untuk berbagai situasi.
·
Pendekatan
sumber daya manusia (the human resources approaches), yang dikenal juga sebagai
aliran perilaku, yaitu pendekatan pada studi manajemen tentang kebutuhan
manusia, kerja kelompok serta peranan faktor-faktor social di tempat kerja.
·
Pendekatan
kauntitatif atau pendekatan ilmu manajemen (the quantitative or management
science approaches), yaitu pendekatan pada studi manajemen dengan menggunakan
teknik-teknik matematis dalam memecahkan masalah manajemen dalam sebuah
organisasi.
c. Jelaskan mengapa efisiensi dan
keefektifan penting bagi manajemen bagi suatu perusahaan dari contoh soal c
diatas ? :
Jawab :
Dalam
suatu perusahaan atau organisasi kesuksesan dalam perencanaan dan pelaksanaan
sesuatu harus didukung oleh strategi yang baik dan salah satu syarat bagi
kesuksesan perusahaan adalah dengan melakukan Efisiensi dan Keefektifan.
Hal
inilah yang diterapkan oleh PT. TIFICO
Tbk unsur efisien dan efektifan yang memegang peranan penting bagi kesuksesan PT. TIFICO Tbk.
3. a. Menurut anda apakah suatu organisasi itu perlu mengalami
perubahan, Kenapa ? dan
Jelaskan tiga karakteristik organisasi
? :
Jawab
:
Kalau menurut saya perlu
karena Proses Perubahan merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari oleh
setiap organisasi. Organisasi akan selalu mengalami dinamika perubahan, baik
yang disebabkan dari dalam maupun dari luar organisasi. Perubahan tidak harus
terjadi begitu saja, namun perubahan harus mampu dikelola dengan baik.
Perubahan juga bisa menjadi kesuksesan perusahaan tersebut.
3
Karakteristik Organisasi :
·
Tujuan
Setiap organisasi harus memiliki
tujuan. Tujuan dicerminkan oleh sasaran-sasaran yang dilakukan baik untuk
jangka pendek maupun jangka panjang. Tiga bidang utama dalam tujuan organisasi
yaitu profitability (keuntungan), growth (pertumbuhan), dan survive
(bertahan hidup).
·
Kumpulan
Orang
Jelas, tidak mungkin jika
organisasi hanya terdiri dari satu orang yang ingin mencapai tujuannya sendiri.
Dari definisi dijelaskan bahwa
organisasi setidaknya terdiri dari kumpulan orang, berarti minimal dua, yang
memiliki tujuan bersama.
·
Struktur
Struktur dibentuk dalam sebuah
organisasi dengan tujuan agar posisi setiap anggota organisasi dapat
dipertanggungjawabkan, mengenai hak maupun kewajibannya.
b. Menurut anda,
apakah pemahaman tentang manajemen itu hanya diperlukan oleh seorang manajer, jelaskan ?
Jawab :
Tidak,
selain manajer setiap karyawan harus bisa memahami tentang manajemen karena
pemahaman terhadap manajemen berguna bagi kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan
oleh karyawan pada perusahaan.
c. Apa
yang anda harapkan menjadi seorang manajer, tantangan atau imbalan, jelaskan
perbedaan keduanya ?
Jawab :
Saya memilih untuk mengharapkan “Tantangan” karena dengan memilih
tantangan ini saya menjadi terobsesi untuk bekerja semaksimal mungkin dan sungguh-sunguh
dalam menjalankan peran manajer yang saya beban sekarang ini dan apabila
tantangan ini tercapai maka imbalan akan mudah untuk di dapat.
Perbedaan Tantangan dan Imbalan :
·
Tantangan :
Merupakan
sesuatu yang bersifat sangat dahsyat
dalam mencapai sesuatu tujuan yang ingin kita raih.
·
Imbalan :
Sesuatu yang didapat setelah
pekerjaan atau tantangan selesai dikerjakan.
4.
a.
Jelaskan mengapa pembagian kerja dan revolusi industri penting bagi kajian
manajemen saat ini ? menurut anda seberapa pentingkah ?
Jawab :
Menurut
saya sangat penting, alasannya karena dengan menerapkan pembagian kerja dan
revolusi industry : supaya
pekerjaan terselenggara dengan baik sesuai rencana dan
dapat diketahui dengan jelas tujuan suatu organisasi, pegawai atau karyawan yang bertanggung jawab atas
terselenggaranya pekerjaan tersebut dan dengan menerapkan Revolusi Industri telah mengubah cara kerja
manusia dari penggunaan tangan menjadi
menggunakan mesin.
b. Jelaskan
dan gambarkan sumbangan Frederick F.Taylor, Frank dan Lilian Gilberth dan max
weber, henri fayol dan Hawthorne, apakah perbedaan satu dengan yang lainnnya
terhadap sumbagan bagi manajemen ?
Jawab :
Perbedaan yang ditimbulkan oleh
para ahli di atas adalah :
·
Frederick F.Taylor
Dikenal dengan manajemen ilmiahnya dalam upaya meningkatkan
produktivitas. Gerakannya yang terkenal adalah gerakan efisiensi kerja. Dan
menghasilkan 4 prinsip yang ditetapkan yaitu :
1. Pengembangan manajemen ilmiah secara benar.
2.Pekerjaan diseleksi secara ilmiah dengan rnenempatkan
pekerjaan yang cocok untuk satu pekerjaan.
3. Adanya pendidikan dan
pengambangan ilmiah dari para pekerja.
4.Kerjasama yang baik antara
manajernen dengan pekerja.
·
Frank dan Lilian Gilberth dan Max
weber,
Berhasil menciptakan micromotion yang dapat mencatat
setiap gerakan yang dilakukan oleh pekerja dan lamanya waktu yang dihabiskan
untuk melakukan setiap gerakan tersebut.
·
Henri Fayol dan Hawthorne
Mengajukan gagasan lima fungsi
utama manajemen: merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan
mengendalikan.
5.
a.
Dalam memasarkan produk banyak strategi yang dilakukan oleh perusahaan salah
satunya adalah dengan e-commerce, menurut anda apakah
e commerce sama dengan e-bisnis, jelaskan? Gambarkan ketiga kategori
keterlibatan e- bisnis ?
Jawab :
Pendapat
saya “Berbeda” karena Istilah e-business
dan e-commerce seringkali terlihat dan digunakan untuk proses
yang sama. Namun demikian, meskipun berhubungan, keduanya memiliki arti yang
berbeda.
1.
E-business lebih luas dalam lingkup dan e-commerce
hanya merupakan satu aspek atau satu bagian dari e-business.
2.
E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti membeli dan
menjual barang dan jasa melalui internet.
3.
E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan
dalam e-business, transaksi uang tidak diperlukan.
4. E-business melibatkan
pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen, dll.
Gambar kategori keterlibatan e bussinnes :
·
B2C
(Bussiness to Consumers) Anatara organisasi dengan perorangan.
a)
Nilai
uang yang dilibatkan lebih kecil.
b)
Transaksi
tidak sering terjadi.
c)
Secara
relatif sederhana.
·
B2B
(Bussiness to Bussiness)
·
B2E
(Bussiness to Education)
a)
Antar
organisasi
b)
Nilai
uang yang dilibatkan lebih besar
c)
Hubungan
yang kuat dan berkelnjutan
d)
Pemberian
kredit oleh penjual ke pelanggan
b. Mengapa
manajer harus memperhatikan inovasi dan fleksibilitas ?
Jawab
:
o Manajer harus memiliki Inovasi karena dengan memiliki inovasi
manajer bisa menciptakan Suatu kreasi, pengembangan dan implementasi suatu
produk, proses ataupun layanan baru dengan tujuan meningkatkan
efisiensi, efektifitas ataupun keunggulan bersaing.
o
Manajer
harus memiliki Fleksibilitas agar dapat memberikan peluang bagi manajer
untuk mengelola laba.
c. Apakah menjadi pebisnis berbasis
web prinsip manajemen ilmiah dapat berguna?
Jawab
:
Berguna
karena bagi para pebisnis berbasis web teori manajemen ilmiah sangat penting
dalam menentukan tanggung jawab dari para karyawannya maupun manjernya.
6. a. Ada beberapa pandangan mengenai manajemen
yaitu pandangan simbolis dan maha kuasa, jelaskan maksudnya dan menurut anda yang
paling cocok dengan kondisi
saat ini pandanga yang mana ?
Jawab :
·
Pandangan Simbolis yaitu :
Pandangan bahwa manajer hanya
mempunyai akibat yang terbatas dari organisasi.
·
Pandangan Maha Kuasa yaitu :
Pandangan bahwa manajer harus
bertanggung jawab secara langsung atas keberhasilan atau kegagalan organisasi.
Menurut saya saat ini pandangan
maha kuasa yang lebih cocok atau efisien diterapkan pada perusahaan
karena manajer mempunyai tanggung jawab atas segala apa yang terjadi dalam
perusahaan.
b. Apa yang dimaksud dengan budaya organisasi
dan berikan contoh pada pelaksanaannya ? dan gambarkan tujuh dimensi budaya
organisasi ?
Jawab :
Budaya Organisasi adalah : Sistem makna bersama dalam organisasi yang
menentukan pada kadar tinggi cara karyawan bertindak.
Contoh Pelaksanaanya : Pada PT. Abadi Jaya Tbk, telah menerapkan
sistem budaya organisasi dimana sistem nilai organisasi yang dianut oleh
anggotanya yang kemudian mempengaruhi cara bekerja dan berperilaku anggota tersebut
untuk mencapai tujuan organisasi.
Gambarkan 7 Dimensi budaya organisasi
1. hubungan
manusia dengan alam,
2. individualisme
versus kolektivisme,
3. orientasi
waktu,
4. orientasi
aktivitas,
5. informalitas,
6. bahasa
7.
kepercayaan.
c. Menurut anda bagaimana budaya
mempengaruhi apa yang dilakukan manajer
Jawab :
Menurut
saya budaya sangat mempengaruhi keputusan - keputusan manajer yaitu :
·
Perencanaan
·
Pengorganisasian (Interaksi para
manajer dengan masing-masing yang lain).
·
Kepemimpinan (Kadar kepeduliaan
para manajer pada peningkatan kepuasan kerja manajer).
·
Pengendalian (Pengevaluasian
kinerja karyawan)
7. a. Apa yang
dimaksud dengan TQM (total Quality Manajemen), apakah perusahaan yang ada saat ini sudah menerapkan
TQM, berikan contohnya
Jawab :
TQM ( Total Quality Manajemen ) adalah
: Konsep perbaikan yang
dilakukan secara terus menerus, yang melibatkan semua karyawan di setiap level
organisasi, untuk mencapai kualitas yang ‘exellent’ dalam semua aspek
organisasi melalui proses manajemen.
Perusahaan yang menerapkan TQM : Toyota , Toyota hanyalah satu dari sekian
banyak merek made in Japan yang menjulangkan kejayaan di seluruh
dunia.
Inilah the Japanese Spirit dan
sekarang hampir semua perusahaan dan organisasi di dunia yang ingin meraih
sukses mengadopsinya. Salah satu semangat Jepang ini termanifestasikan dalam Total
Quality Management (TQM) yang dikembangkan oleh Kaoru Ishikawa di Toyota.
Singkatnya,
Total Quality Management adalah sebuah pendekatan manajemen yang
bertumpu pada total kualitas yang dilakukan secara komprehensive dan
menyeluruh.
b.
Apa yang dimaksud dengan lingkungan organisasi, dan
gambarkan keempat faktor
lingkungan organisasi tertentu ?
Jawab
:
Lingkungan Organisasi
adalah : Sebagai
lingkungan eksternal dan internal yang mempengaruhi baik langsung maupun tidak
langsung terhadap organisasi. Lingkungan organisasi tidaklah
statis namun bersifat dinamis dan kompleks.
Gambarkan
4 faktor lingkungan organisasi :
1.
Faktor
Lingkungan Internal
faktor internal yang disebut
dengan budaya organisasi.
2.
Faktor
Lingkungan Eksternal
lingkungan
yang terkait dengan kegiatan operasional organisasi dan bagaimana kegiatan
operasional ini dapat bertahan.
3.
Faktor
Lingkungan Khusus
terdiri dari; pelanggan, pemasok,
pesaing, dan kelompok masyarakat yang langsung berpengaruh terhadap organisasi.
4.
Faktor
Lingkungan Umum
meliputi
kondisi ekonomi, politik/ perundangan, sosiokultural, demografi, teknologi, dan
kondisi global.
c. Apa komponen ketidakpastian
lingkungan, bagaimana manajer mengantisipasinya ?
Jawab :
Komponen ketidakpastian
lingkungan :
·
Komponen sumber daya atau
resources. Baik Sumber daya alam, manusia, keuangan, dan lain sebagainya
·
Komponen peristiwa atau perils
yang mengancam. Misalnya Kebakaran, Tabrakan, Banjir, Gempa bumi dan
peril-peril lainnya.
·
Komponen hazards atau
faktor-faktor yang mempengaruhi kemungkinan terjadi/tidaknya peristiwa yang
mempengaruhi tinggi/rendahnya akibat (ada physical hazards dan moral hazards)
Cara antisipasi oleh manajer :
Dengan melakukan semacam cara
rasional yang harus dilakukan yang mana dinamakan
dengan manajemen risiko, dimana hal trsebut sangat efektif dalam mengantisipasi
segala akibat dari ketidakpastian lingkungan yang akan terjadi pada perusahaan.
8. a. Bagaimana perekonomian global
menciptakan baik peluang maupun ancaman bagi para manajer
Jawab :
Peluang : Apabila
sektor riil perekonomian mulai tumbuh
maka akan dapat membuka lapangan kerja baru yang pada gilirannya akan memberikan
pendapatan bagi tenaga kerja.
Ancaman :
Ancaman terdapat pada persaingan antar pebisnis bisnis lainnya.
b.
Apa yang dimaksud prokaialisme, kenapa menciptakan
masalah bagi manajer, berikan
contohnya ?
Jawab
:
Pengertian Prokaialisme : Merupakan semacam pengelompokkan
faksi-faksi pada suatu perusahaan.
Kenapa bagi manajer merupakan
masalah :
Karena
prokaialisme merupakan semacam hambatan dalam meraih kesatuan pada organisasi,
dan ini bisa memecah belah organisasi.
c.
Bandingkan MNC, TNC dan organisasi tanpa batas negara,
mewakili sikap global apa
saja tiap jenis organisasi tersebut ?
Jawab :
Perbandingan
MNC (Multi National Corporation ) : Sebagai suatu perusahaan yang mempertahankan
operasi-operasi signifikan di dua atau lebih negara secara bersamaan namun
pengelolaannya (keputusan dan kontrol utamanya) dilakukan oleh perusahaan
induknya di negara asal.
TNC
(Trans National Corporation) merupakan :
Suatu perusahaan yang mempertahankan operasi pentingnya
di lebih dari satu negara secara simultan namun mendesentralisasikan manajemen
(pembuatan keputusan) pada negara setempat dimana subsidiary berada.
Kedua
organisasi ini mewakili sikap :
Keduanya memiliki perbedaan. Perbedaan pokok
keduanya adalah pada cara pengambilan keputusan. Untuk MNC keputusan diambil
oleh perusahaan induk (parent company) sedangkan TNC pengambilan keputusan
sudah menjadi kewenangan anak perusahaan (subsidiary) karena adanya
desentralisasi.
9. a. Bisakah anda
jelaskan dan berikan contoh corporate social responsibility yang sudah dilakukan oleh perusahaan2
yang ada di Sumatera Barat ?
Jawab :
Perusahaan yang telah menerapkan CSR ( Corporate
Soosial Responsibility ) di Sumatera Barat adalah : PT. Semen Padang, PT. Semen Padang menerapkan CSR dengan
menberikan biaya gratis pengobatan bagi masyarakat sekitar yang terkena dampak
dari abu semen tersebut dan memberikan biaya ganti rugi terhadap perumahan
perumahan yang terkena dampak dari asap perusahaan tersebut.
b.
Apa perbedaan kewajiban sosial, kecepat
tanggapan sosial dan tanggung jawab sosial
?
Jawab :
·
Kewajiban Sosial Adalah :
Merupakan suatu keharusaan yang
harus dilakukan oleh perusahaan terhadap para karyawannya karena telah di atur
dalam uu perusahaan
·
Kecepattanggapan Sosial Adalah :
Merupakan daya
kemampuan memahami apa yang diinginkan pelanggan dari perusahaan, dan jaminan
sebagai bentuk kepastian yang diperoleh
pelanggan setelah dilakukan transaksi pembelian.
·
CSR adalah :
Suatu konsep bahwa organisasi,
khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab
terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham komunitas dan lingkungan dalam
segala aspek operasional perusahaan.
c.
Bagaimanakah kaitan antara manajemen yang berbasis nilai dan
konsep tanggung jawab
sosial serta kecepat-tanggapan social
Jawab :
Kaitannya :
Manajemen
berbasis nilai:
Kaitan lebih mengedepankan Pendekatan
terhadap pengelolaan dimana para manajer menetapkan dan mempraktekkan nilai
bersama pada sebuah organisasi.
Manajemen konsep
tanggung jawab social :
Kaitannya
lebih mengedepankan kepada etika bisnis perusahaan tersebut.
Kecepat-tanggapan social :
Kaittanya
lebih mengedepankan kepada layanan kepada pelanggannya memahami apa keingginnan
pelanggan tersebut.
10. a. Bagaimanakah
tahap perkembangan moral, karakteristik individu, dan variabel struktural
mempengaruhi keputusan manajer untuk berperilaku etis atau tidak etis?
Jawab :
Perkembangan
moral, karakteristik individu dan variable struktural sangat mempengaruhi
manajer dalam berperilaku etis dan tidak etis karena 3 faktor tersebut merupakan
sesuatu yang mendorong orang untuk melakukan kebaikan bertindak. Tahap
–tahap perkembangan Moral berpandangan
bahwa penalaran moral, yang merupakan dasar dari perilaku etis.
b.
Peran apakah yang dimainkan kepemimpinan manajemen puncak
dalam mendorong sikap
etis ?
Jawab :
Kepemimpinan yang berhasil dalam mendorong sikap etis memerlukan perilaku baik dari kepemimpinan
tersebut sehingga dapat menyatukan dan
merangsang pengikut untuk mencapai tujuan dalam bersikap etis
c.
Apakah kriteria keputusan dan mengapa kriteria itu
penting bagi para pengambil keputusan
?
Jawab :
Kriteria Keputusan : Merupakan ukuran dasar
yang digunakan untuk menuntun pertimbangan dan keputusan.
Kriteria itu penting karena : Menuntun
para pembuat keputusan dalam hal mengeluarkan keputusan tersebut dimana
keputusan ini tidak merugikan semua belah pihak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar